Sukses

Pangeran William - Kate Middleton Tur ke Karibia, Warga Desa Unjuk Rasa Tuntut Keduanya Angkat Kaki

Penolakan atas Pangeran William dan Kate Middleton berawal dari lapangan sepakbola.

Liputan6.com, Jakarta Pangeran William dan Kate Middleton kini berada di Karibia untuk melakukan kunjungan resmi. Namun mereka menghadapi kejutan kurang menyenangkan pada hari pertama lawatannya.

Dilansir dari People, Senin (21/3/2022), keduanya terpaksa membatalkan salah satu kunjungan perdana di wilayah ini, karena unjuk rasa penduduk di Belize. Yakni, jadwal untuk mengunjungi perkebunan cokelat di kaki Pegunungan Maya, Minggu lalu.

Alasannya adalah penggunaan lapangan sepakbola untuk dipakai sebagai tempat mendarat helikopter bagi kedua bangsawan ini.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Spanduk Protes

Dalam beberapa foto yang ditampilkan People, tampak sejumlah foto penduduk setempat membawa tulisan dan spanduk bernada protes. 

Ada yang bertulis, "Pangeran William tinggalkan pulau kami" atau "Pangeran William, berhenti membantu FFI merampas tanah kami." 

FFI sendiri adalah Flora and Fauna International, lembaga konservasi yang ikut didukung oleh Pangeran William dan memiliki hak atas tanah seluas 12.000 acre di pulau ini. 

3 dari 5 halaman

Pernyataan Penolakan

Sebastian Shol, kepala desa Indian Creek menyatakan bahwa pasangan bangsawan ini bisa mendaratkan helikopternya di mana pun, asal bukan di tanah mereka. Penolakan juga diungkap ketua pemuda, Dionisio Shol.

"Penyelenggaranya bilang kami harus mengizinkan mereka menggunakan lapangan sepak bola dan banyak orang datang ke desa kami, dan [tempat itu] harus terlihat bagus. Menyuruh-nyuruh tetua, tak bisa diterima oleh masyarakat ini," kata dia. 

 

4 dari 5 halaman

Isu Sensitif

Perwakilan Kerajaan Inggris mengonfirmasi bahwa kunjungan tersebut dibatalkan karena "isu sensitif" terkait masyarakat di Indian Creek. Sebagai gantinya, keduanya akan mengunjungi daerah lain. 

Istana Kensington menolak untuk berkomentar. 

 

5 dari 5 halaman

Ke Lokasi Lain

Pangeran William dan Kate Middleton akhirnya mengunjungi lokasi perkebunan cokelat lainnya dan Pabrik Cokelat Che'il Maya yang dikelola keluarga di Maya Center Village. 

Dalam kesempatan ini Kate Middleton juga mencoba menggiling beberapa biji kakao dan ikut menarikan tarian tradisional. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.