Sukses

Ahmad Dhani Siap Jadikan Raffi Ahmad Sultan Sebenarnya dengan Aplikasi Karaoke Dewa 19

Ahmad Dhani berencana membuat aplikasi karaoke Dewa 19.

Liputan6.com, Jakarta - Ahmad Dhani bakal meluncurkan aplikasi karaoke bernama Dewa 19 Karaoke. Aplikasi ini diklaim bisa membantu menyejahterakan musisi dan pencipta lagu di Indonesia. Suami Mulan Jameela itu mengatakan, aplikasi tersebut bisa dinikmati masyarakat di rumah masing-masing. Tak perlu repot kalau mau berkaraoke.

Salah satu hal yang dilakukan Ahmad Dhani, mendatangi Raffi Ahmad. Dhani tak menyangka Raffi Ahmad yang digelari Sultan Andara tak memiliki ruang karaoke khusus di rumahnya.

"Karena ternyata Raffi Ahmad saja yang kita kenal sebagai Sultan Andara belum punya karaoke di rumahnya," ujar Ahmad Dhani saat jumpa pers di Kemang, Jakarta, baru-baru ini.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Buatkan Karaoke

Untuk itu, Ahmad Dhani akan membuatkan ruang karaoke khusus menggunakan aplikasi tersebut. Dia ingin menjadikan Raffi Ahmad the real sultan.

"Dan mungkin Raffi Ahmad ini akan menjadi orang pertama yang kita buatkan karaoke di rumahnya supaya benar-benar menjadi The Real Sultan punya karaoke di rumahnya dan itu tidak sulit," kata Dhani.

 

 

3 dari 5 halaman

Tak Menguras Kantong

Mantan suami Maia Estianty mengatakan, aplikasi tersebut juga tak terlalu menguras kantong. Langkah awalnya, Dhani mematok harga promosi sebesar Rp 35.000 untuk layanan karaoke selama dua jam.

Aplikasi karaoke itu diharapkan menjadi pemecah masalah royalti musik yang selama ini masih banyak diperdebatkan. Biasanya, setiap musisi dan penulis lagu hanya dapat sejumlah uang royalti dari Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) tanpa pernah tahu angka pasti berapa karya mereka yang digunakan.

 

4 dari 5 halaman

Terkait Royalti

Dari rumah karaoke di seluruh Indonesia, LMKN biasanya menarik rata uang sebesar Rp 12.000 per kamar per hari. Setelah uangnya terkumpul, lalu dibagikan ke setiap musisi dan label rekaman tanpa kejelasan angka secara terbuka.

Jadi, lewat aplikasi Dewa 19 Karaoke, Ahmad Dhani menawarkan solusi transparansi data dari dunia karaoke yang kabarnya menyumbang 60 persen pendapatan dari keseluruhan royalti dari berbagai sumber.

 

5 dari 5 halaman

Bisa Dilacak

Ini lantaran aplikasi tersebut bisa melacak secara pasti angka-angka dari lagu yang digunakan dalam karaoke di Indonesia kemudian dibagikan hasil royaltinya kepada para penulis lagunya.

"Nah, dengan aplikasi Dewa 19 Karaoke ini siapapun tak hanya LMKN, pencipta lagunya pun, bisa mengakses melalui dashboard dari aplikasinya," pungkas Ahmad Dhani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.