Sukses

Ahmad Dhani Keluar dari LMK WAMI, Bakal Tarik Sendiri Royalti dari Televisi yang Tayangkan Lagunya

Ahmad Dhani memutuskan untuk mengurus sendiri royalti karyanya.

Liputan6.com, Jakarta Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani memutuskan keluar dari Lembaga Manajemen Kolektif Wahan Musik Indonesia (LMK WAMI). Mantan suami Maia Estianty itu akan mengurus sendiri royalti karya ciptanya.

WAMI salah satu LMK yang menaungi beberapa musisi. Sebelumnya, Dewa 19 berada di bawah naungannya.

Ahmad Dhani tidak menjelaskan secara eksplisit mengenai keputusan keluar dari WAMI. Namun menurutnya, dengan keluar dari WAMI ia dimungkinkan akan lebih mendapatkan royalti.

"Saya dibayar royalti oleh WAMI misalnya setahun Rp 100 juta, tetapi saya enggak tahu Rp100 juta ini dari mana. Bisa saja Rp 1 miliar atau Rp 50 juta, kita enggak tahu karena setiap pembayaran enggak ada rinciannya," ujar Ahmad Dhani saat jumpa pers di Kemang, Jakarta, Jumat (18/3/2022).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kejadian

Ayah Al, El dan Dul ini juga menceritakan keluar dari WAMI karena tak diundang di salah satu acara televisi. Padahal, personel dan mantan personel Dewa 19 seperti, Once Mekel, Andra Ramadhan, dan Ari Lasso diundang.

Tak berhenti sampai di situ, Once, Andra, dan Ari Lasso pada tayangan itu menyanyikan lagu-lagu ciptaannya. Lebih lanjut, stasiun televisi yang mengadakan acara itu diketahui membayar royalti ke WAMI yang saat itu masih menaungi Ahmad Dhani.

"Saya sudah bicarakan sebenarnya ini gimana, tetapi WAMI tidak punya mekanisme untuk menagih ke Reza Artamevia, Judika, Ari Lasso misalnya," tutur Ahmad Dhani.

"WAMI tidak punya mekanisme itu. Enggak ada solusi karena semuanya pro-rata pembayarannya," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Kirim Surat

Ahmad Dhani akan mengirim surat resmi kepada seluruh stasiun televisi jika hendak menggunakan lagu ciptaannya. Ia menegaskan, pihak televisi itu sudah dapat mengurus royalti langsung kepadanya.

 

4 dari 4 halaman

Membawa Kasus

Jika hal itu tak dilakukan, Ahmad Dhani tak segan membawa kasus dugaan pelanggaran hak cipta ke jalur hukum karena musiknya saat ini telah dimiliki sepenuhnya.

"Kalau tidak, urusannya dengan hukum karena lagu saya adalah sekarang milik saya 100 persen," pungkas Ahmad Dhani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.