Sukses

Puteri Indonesia DKI 4 Jelajahi Kepulauan Seribu, Hingga Melepas Penyu

Puteri Indonesia DKI 4 ikut melestarikan Lingkungan Laut Kepulauan Seribu

Liputan6.com, Jakarta Puteri Indonesia DKI 4 2022, Nurkhotimah atau akrab disapa Imay melakukan aksi keliling Kepulauan Seribu, 12 Maret 2022 kemarin. Kegiatannya ini karena mengikuti Dinas Potensi Maritim dan Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut.

Bersama dengan Letkol Marinir Edy Effendi dari Satuan Penyelaman Bawah Air ( Satlambair ), Imay menjelaskan mengenai aktifitas yang dilakukannya.

"Kita meng-eksplore Kepualauan Seribu. Seru banget ya," ujar Imay kepada wartawan, baru-baru ini.

Eksplor tersebut berawal dari Taman Wisata Mangrove Kapuk di PIK Jakarta Utara. Kemudian bergerak ke Kepualauan Seribu.

"Di sana kami monitoring pertumbuhan mangrove yang pernah kami tanam secara serentak di 34 provinsi pada tahun 2019," ujar Letkol Edy Effendi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penangkaran Penyu

Dari PIK, rombongan TNI AL dan Putri Indonesia DKI 4 bergerak ke penangkaran penyu di Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka dan dilanjutkan melepas tukik, atau anak penyu di Pulau Payung.

"Penyu adalah salah satu jenis Hewan Purba yg mesti kita lestarikan dan jaga secara bersama sama agar generasi berikutnya tetap bisa melihat dan merasakan keseruan saat Diving bisa berinteraksi dengan Penyu," kata Letkol Edy.

Selain penyu, rombongan juga berupaya melaksanakan pelestarian Terumbu Karang dengan transplantasi lewat media substrat dari batu karang yang sudah mati. Media ini menjadi tatakan tempat bertumbuhnya terumbu karang.

"Dengan memperbanyak jumlah terumbu karang di lautan, maka energi ombak menuju daratan akan tertahan, mengurangi efek pemanasan global, dan banyak manfaat lain di bidang ekologi, sosial dan ekonomi," beber Letkol Edy.

 

3 dari 4 halaman

Aksi Sosial

Tak hanya giat dalam melestarikan lingkungan. Rombongan juga melakukan aksi sosial dengan membagikan buku dan alat tulis kepada anak usia sekolah warga Pulau Payung, Kepulauan Seribu. Imay juga tampak takjub dengan beberapa spot wisata yang dimiliki Kepulauan Seribu. Seperti Pulau Kelor yang memiliki bekas benteng Belanda, serta Pulai Air Ponco yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Di akhir acara, TNI Angkatan Laut dan Tim Libre Indonesia memberikan edukasi soal kemaritiman dan kelautan, serta pelatihan beladiri LIbre Fighting System kepada Imay. Letkol Edy juga menyebut alasannya mengajak serta Putri Indonesia DKI 4 dalam kegiatan tersebut.

“Agar Putri Indonesia bisa membekali diri dan menambah wawasan dalam pelestarian lingkungan maritim serta bisa mensosialisasikannya kepada masyarakat luas, terutama generasi muda milenial,” tutur Letkol Edy.

 

4 dari 4 halaman

Peduli Lingkungan

Dari kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam itu, Letkol Edy berharap masyarakat bisa lebih peduli menjaga lingkungan hidup.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang memperdulikan kelangsungan ekosistem dan kelestarian alam kita,” pungkas Letkol Edy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.