Sukses

Isyana Sarasvati Tak Lulus SMA, Tapi Kok Bisa Kuliah?

Isyana Sarasvati membuat pengakuan mengejutkan seputar pendidikannya.

Liputan6.com, Jakarta Artis penyanyi Isyana Sarasvati ternyata tidak pernah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). Fakta tersebut belum lama ini diungkap oleh Isyana. Namun yang bikin kaget ternyata Isyana juga sempat menempuh bangku kuliah.

Namun jangan salah sangka dulu. Apa yang terjadi terhadap Isyana Sarasvati merupakan hal yang biasa bagi siswa terpilih. Penyanyi 28 tahun itu termasuk siswa terpilih yang bisa "melompati" bangku SMA.

Isyana berhasil meraih diploma di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura meski tak lulus SMA.

"Aku dari SMP langsung S1 lho," ujar Isyana Sarasvati seperti dilansir dari kanal YouTube Tonight Show, dilihat Jumat (11/3/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkejut

Isyana mengungkapka dalam talkshow "Tonight Show" yang dipandu oleh Vincent dan Desta. Pengakuan Isyana soal pendidikannya itu membuat Desta terkejut. "Kok bisa?" tanya Desta.

 

3 dari 4 halaman

Lompat

Ternyata Isyana mendapat tawaran fast track saat masih kelas 2 SMA. Ia mendapatkan beasiswa di Nanyang Academy of Fine Arts.

"Aku tuh bisa dibilang lumayan beruntung, karena di zamanku ada fast track. Aku dapat beasiswa itu sampai S1 aku selesai," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Ujian Nasional

Dengan kondisi itu, Isyana akhirnya tak pernah merasakan Ujian Nasional saat SMA. Meski begitu ia langsung mendapat gelar Bachelor of Music (BMus).

Usai menempuh bangku kuliah di Singapura, Isyana melanjutkan pendidikan di bidang musik dengan kuliah di Royal College of Music London, Inggris. Ia lulus dengan predikat Cum Laude.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.