Sukses

Mat Solar Bajaj Bajuri Kini Sulit Bicara dan Berjalan, Aktivitasnya Hanya Duduk di Kursi Roda Akibat Stroke

Mat Solar dikenal melalui perannya sebagai Bajuri di sitkom Bajaj Bajuri.

Liputan6.com, Jakarta - Stroke yang menyerang Mat Solar di tahun 2017 berujung vakumnya sang komedian dari layar televisi. Sejak dinyatakan terserang stroke, pria yang beken melalui perannya sebagai Bajuri di sitkom Bajaj Bajuri tak lagi bebas berekspresi di depan kamera.

Mat Solar kini hanya bisa menghadapi kesehariannya dengan duduk di kursi roda. Stroke yang menyerangnya melumpuhkan fungsi anggota tubuhnya. Untuk sekedar bicara kepada keluarga dan orang-orang terdekatnya, Mat Solar kesulitan.

"Sekarang ayah sudah susah ngomong. Ngomongnya yang pelan gitu," kata Haidar, anak Mat Solar, melalui tayangan di kanal video YouTube Sule Productions.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sulit Berjalan

Tak cuma sulit bicara, Mat Solar juga terhambat untuk berjalan. Untuk bisa beranjak dari tempat tidur dan kursi roda, komedian berdarah Betawi ini sampai harus dibantu orang lain.

"Iya sekarang jalan juga dibantu," Haidar menambahkan.

3 dari 5 halaman

Kondisi Kesehatan Naik Turun

Haidar menerangkan kondisi kesehatannya yang kerap naik turun usai terserang stroke. Apalagi, kata dia, Mat Solar juga memiliki penyakit lain selain stroke, yakni diabetes.

"Keadaan ayah sudah lumayan sehat cuma kemarin sempat drop lagi, masih turun naik terus," Haidar menjelaskan.

4 dari 5 halaman

Keluarga Khawatir

Keluarga Mat Solar, dikatakan Haidar, mulai mengkhawatirkan lawan main Rieke Dyah Pitaloka yang berperan sebagai Oneng di sitkom Bajaj Bajuri. Kekhawatiran itu muncul karena kondisi kesehatan Mat Solar yang selalu naik turun.

"Khawatir aja karena ayah membaik trus drop lagi, gitu-gitu terus," Haidar menguraikan.

5 dari 5 halaman

Berhenti Total

Belakangan memang Mat Solar sudah berhenti total dari kesibukannya di dunia seni peran dan hiburan. Ditambah lagi, bisnis pemancingan Bazoori miliknya sudah tidak lagi berjalan karena penggusuran lahan untuk dijadikan jalan tol di Pamulang, Tangerang Selatan.

Karena itu, kunjungan teman-temannya menjadi hiburan dan pembakar semangat bagi Mat Solar. "Di rumah aja, enggak ada (kegiatan). Dulu kan waktu masih ada pemancingan kan ayah suka di bawah, suka mancing, sekarang kan udah enggak ada lagi pemancingan, udah digusur untuk kena tol," kata Haidar, beberapa waktu lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.