Sukses

Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia, Ini 6 Sinetron Populer yang Ditulisnya: Cinta Fitri hingga Love Story The Series

Penulis novel dan skenario Hilman Hariwijaya meninggal dunia pada Rabu, 9 Maret 2022. Berikut 6 sinetron fenomenal yang ditulisnya.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari industri sinetron Indonesia. Penulis skenario Hilman Hariwijaya meninggal dunia pada hari Rabu (09/03/2022). Berita meninggalnya Hilman Hariwijaya disampaikan oleh Nessa Sadin, mantan istrinya, lewat Instagram terverifikasinya.

Nessa yang juga berprofesi sebagai pemain sinetron mengunggah foto dirinya bersama Hilman dan putrinya. “Innalillahi wainnaillahi rojiun. Telah berpulang Hilman Hariwijaya. Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum,” tulis perempuan yang bermain antagonis di Love Story The Series.

Melansir situs Wikipedia, Hilman lahir di Jakarta pada 25 Agustus 1964. Ia mulai menulis cerita pendek di sebuah majalah remaja terbitan Ibu Kota pada Desember 1986. Beberapa novel yang ditulisnya adalah Lupus dan Olga. Pada era 1990-an, Hilman mulai menulis skenario sinetron yang diangkat dari novelnya, seperti Lupus Millenia juga Olga dan Sepatu Roda. Pada era stripping, sosoknya terlibat dalam sejumlah judul fenomenal, termasuk yang menembus 1000 episode. Berikut 6 sinetron populer yang skenarionya ditulis oleh Hilman.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cinta Fitri

Cinta Fitri merupakan sinetron produksi MD Entertainment yang tayang di SCTV yang tayang pada 2007. Kisah cinta gadis desa bernama Fitri (diperankan Shireen Sungkar) dengan pemuda kota Farrel (Teuku Wisnu) sukses membuat pemirsa kesengsem.

Hilman terlibat dalam Cinta Fitri sejak musim pertama. Namun, kala itu dalam opening tercantum nama Sabrina Firdaus. Nama Hilman Hariwijaya baru dicantumkan pada musim kedua dan ketiga. Setelah tiga musim, Hilman meninggalkan MD Entertainment dan masuk SinemArt.

Cinta Fitri pernah memenangi penghargaan SCTV Awards dan Panasonic Awards, juga mendongkrak karier sejumlah pemerannya.

3 dari 7 halaman

Melati untuk Marvel

Rezky Aditya dan Chelsea Olivia dipasangkan dalam sinetron bergenre romantic comedy ini. Peran selengean yang dibawakan Rezky, kerap mengundang tawa dan sukses membetot perhatian pemirsa. Sinetron produksi MD Entertainment yang tayang di SCTV pada 2008-2009 ini bertahan hingga 349 episode.

4 dari 7 halaman

Anak Langit

Fenomena geng motor diangkat Hilman dalam sinetron produksi SinemArt yang tayang di SCTV pada tahun 2017 hingga 2020. Sinetron ini sempat mengalami pergantian karakter utama, seperti Ammar Zoni ke Stefan William, juga Ranty Maria ke Nasya Marcella. Meski demikian ratingnya tetap stabil. Sinetron ini sukses membukukan 1560 episode.

 

5 dari 7 halaman

Cinta Suci

Ammar Zoni dan Irish Bella dipertemukan dalam sinetron Cinta Suci pada tahun 2018. Sinetron SinemArt berjumlah 466 episode ini sukses memuncaki rating. Tema ceritanya unik. Suci, seorang istri yang dipaksa menceraikan suaminya yang sakit, lantaran seorang pria kaya bernama Marcell siap membiayai pengobatan sang suami asalkan Suci menikah dengan Marcell. Cinta Suci dianugerahi Sinetron Paling Ngetop dalam SCTV Awards 2018. Ammar Zoni dan Irish Bella juga memenangi Panasonic Gobel Awards 2019 berkat judul ini.

 

6 dari 7 halaman

Dari Jendela SMP

Kisah cinta remaja menjadi daya tarik sinetron SinemArt yang tayang sejak Juni 2020 hingga Februari 2022. Dari Jendela SMP diangkat dari novel karya Mira W berjudul sama. Tapi Hilman dan tim penulis banyak melakukan pengembangan cerita. Dari Jendela SMP meraih piala Sinetron Paling Ngetop dalam SCTV Awards 2021, sekaligus melambungkan karier dua pemeran utamanya, Rey Bong dan Sandrinna Michelle.

 

7 dari 7 halaman

Love Story The Series

Sinetron terakhir yang ditulis oleh Hilman dan masih tayang hingga ia meninggal. Saat tulisan ini dibuat, cerita cinta ala Romeo dan Juliet yang diperankan oleh Giorgino Abraham dan Yasmin Napper ini telah membukukan 587 episode. Perjuangan dua anak muda menyatukan cinta di antara dendam masa lalu keluarga cukup menguras emosi. Bintang muda berbakat dan artis senior tumpekblek di sinetron ini, sebut saja Cut Syifa, Anjasmara, Fathir Muchtar hingga Ucy Bing Slamet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.