Sukses

Sandiaga Uno Dukung Indonesian Hybrid Batik Pattern Dewi Lestari

Indonesian Hybrid Batik Pattern karya Dewi Lestari masuk dalam program Bangga Buatan Indonesia (BBI)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkesempatan untuk melihat booth Indonesian Hybrid Batik Pattern karya Dewi Lestari saat hadir di acara pelantikan pengurus Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Provinsi Jambi, beberapa waktu lalu.

Saat bertemu dengan perempuan yang aktif bekerja sebagai PNS Pemerintah Provinsi Jambi ini, Sandiaga Uno diperkenalkan dengan hijab yang ada di booth tersebut. Bukan hijab biasa, Dewi Lestari memperkenalkan ragam motif batik asli Jambi.

"Saya menjelaskan kepada Pak Menteri tentang hijab Dewi Lestari yang memiliki motif batik dari 11 kabupaten kota yang ada di Provinsi Jambi," kata Dewi Lestari kepada pewarta di Jakarta, Minggu (6/3/2022) malam.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Limbah Kertas

Kepada Sandiaga Uno, Dewi Lestari juga memberitahu proses pembuatan Indonesian Hybrid Batik Pattern karyanya. Salah satunya, kata dia, soal teknis pembuatan motif yang melibatkan limbah kertas.

"Hijab Dewi Lestari memberdayakan anak-anak SLB untuk membuat desain motif batik Jambi. Kemarin baru saja diadakan pelatihan untuk anak SLB dalam membuat motif batik Jambil dengan menggunakan canting cap batik dari limbah kertas," dia menjelaskan.

 

3 dari 4 halaman

Sponsor Miss Eco Indonesia 2022

Nantinya, kata perempuan kelahiran Tasikmalaya, 8 Agustus 1980 ini, kain Indonesian Hybrid Batik Pattern karyanya bakal menjadi sponsor di acara Miss Eco Indonesia 2022 di Luxor dan Kairo, Mesir.

"Batik by Dewi Lestari menjadi sponsor untuk souvenir acara Miss Eco Indonesia 2022 di Luxor dan Kairo, dimana kontestan yang akan mewakili dari Indonesia bernama Jessica Grace Harvery, yang juga berasal dari Jambi," Dewi Lestari menuturkan.

 

 

4 dari 4 halaman

Masuk Program Bangga Buatan Indonesia

Pertemuan Dewi Lestari dengan Sandiaga Uno membuahkan dukungan positif bagi karyanya, yakni Indonesian Hybrid Batik Pattern. Sebab, orang nomor satu di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu memasukkan karyanya dalam program Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Kemudian Pak Sandi mengapresiasi dan memberi support agak hijab batik ini bisa berkembang. Beliau menyarankan untuk masuk dlm program BBI agar bisa dikenal lebih luas lagi karena memperkenalkan motif batik Jambi ke seluruh Indonesia," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.