Sukses

Kisah Rumah Tangga Angelina Sondakh dan Adjie Massaid yang Sempat Ditentang tapi Harmonis Sampai Dipisah Maut

Kisah rumah tangga Angelina Sondakh dan mendiang Adjie Massaid terbilang harmonis meskipun akhirnya terpisah oleh maut.

Liputan6.com, Jakarta Angelina Sondakh tengah disorot publik setelah ia menikmati udara bebas dari penjara di Lapas Perempuan, Pondok Bambu, Jakarta Timur pada hari ini, Kamis (3/3/2022). Keluarga menjadi tujuan utama Angie begitu beranjak dari lapas dalam rangka memanfaatkan waktu cuti menjelang bebas (CMB).

Setelah bertemu anak dan orangtuanya di kediaman mereka, Angelina Sondakh lantas berziarah menuju makam almarhum suaminya, Adjie Massaid. Doa dan tangis Angie mengiringi kunjungan ini.

Terdengar Angelina Sondakh meminta maaf di atas pusara Adjie Massaid karena ia tak bisa merawat anak-anak lantaran harus menerima hukuman di penjara. Momen ini mengingatkan sebagian dari kita pada kisah rumah tangga Angelina Sondakh dan mendiang Adjie Massaid yang harmonis.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Awal Perkenalan

Sebelum menjadi suami Angelina Sondakh, Almarhum Adjie Massaid yang dikenal sebagai aktor papan atas, sempat membina rumah tangga dengan Reza Artamevia pada 9 Februari 1999. Namun keduanya bercerai pada 17 Januari 2005.

Adjie Massaid yang mendapatkan hak asuh kedua anaknya, Zahwa dan Aaliyah Massaid, kemudian melanjutkan karier di dunia politik yang sudah dijalaninya sejak 2004. Dari situlah ia berkenala dengan Angelina Sondakh.

 

3 dari 11 halaman

Berlanjut Hubungan Asmara

Angelina Sondakh yang juga mantan Puteri Indonesia 2001 mewakili Sulawesi Utara, sukses terpilih sebagai anggota DPR-RI setelah ia terjun di dunia politik dengan bergabung ke partai yang sama seperti Adjie Massaid.

Sama-sama terpilih sebagai anggota DPR-RI periode 2004-2009, keakraban Adjie Massaid dan Angelina Sondakh pun berbuah hubungan asmara. Sampai akhirnya, keduanya resmi menikah pada 29 April 2009.

 

4 dari 11 halaman

Pertentangan Orangtua

Rupanya, pertentangan orangtua menghiasi kisah cinta mereka. Ayah Angelina Sondakh, Lucky Sondakh mengaku sempat tak setuju putrinya menikah dengan Adjie Massaid.

Rupanya, status Adjie yang duda serta keyakinannya sebagai seorang muslim, membuat ayah Angie keberatan. Angelina Sondakh diketahui saat itu memeluk agama Kristen seperti keluarganya. Kisah ini diungkap sendiri oleh Lucky Sondakh baru-baru ini.

 

5 dari 11 halaman

Pinangan Sempat Ditolak

"Waktu Adjie meminang dengan sangat sopan, saya menolak. Saya bilang kami tidak terima, kami tidak jelaskan," ujar Lucky Sondakh, menyimak dari kanal YouTube Keema Entertainment, Rabu (2/3/2022).

"Ada dua faktor mengapa kami tak menerima Adjie. Kami sangat hormat dengan penampilannya dan karyanya. Tapi dari perbedaan keyakinan dan juga Adjie sudah berkeluarga walaupun sudah bercerai, kami agak ragu untuk menerimanya," ia melanjutkan.

"Kami dengan sangat halus tidak menerima pinangan Adjie," ujar Lucky Sondakh menyambung.

 

6 dari 11 halaman

Akhirnya Luluh

Namun karena cinta Adjie Massaid dan Angelina Sondakh sudah sangat kuat, akhirnya ayah Angie luluh dan secara terpaksa Lucky Sondakh dan istrinya (ibunda Angie), merestui pernikahan putri mereka dengan sang aktor.

"Tapi ternyata tidak ada lagi yang bisa menghalangi perpaduan cinta antara kedua insan ini," terang Lucky Sondakh.

 

7 dari 11 halaman

Menikah Diam-Diam

Namun begitu, pernikahan Adjie Massaid dan Angelina Sondakh pada 29 April 2009 dilakukan tanpa sepengetahuan banyak pihak. Biarpun begitu, orangtua Angie menghadiri resepsi pernikahan yang digelar keluarga Adjie Massaid.

"Karena mereka tahu kami (akhirnya) tidak menolak, maka mereka mengambil jalan pintas. Mereka menikah diam-diam tanpa konsultasi dan minta restu dari kami," ujar ayah Angie membeberkan.

"Tapi kami menghadiri pesta kecil pernikahan yang mereka lakukan bersama orang tua Adjie di Bali," lanjutnya.

 

8 dari 11 halaman

Dikaruniai Anak

Buah pernikahan Adjie Massaid dan Angelina Sondakh melahirkan seorang anak pada 9 September 2009 yang bernama Keanu Massaid.

Selain mengasuh Keanu, Angelina Sondakh juga sempat membesarkan dua putri sambungnya dari pernikahan pertama Adjie, Aaliyah Massaid dan Zahwa Massaid.

 

9 dari 11 halaman

Terpisah oleh Kematian

Di tengah kebahagiaan rumah tangga Adjie Massaid dan Angelina Sondakh yang harmonis, keduanya dipisahkan oleh maut. Adjie Massaid mengalami serangan jantung dan dinyatakan meninggal dunia di usia 43 tahun pada 5 Februari 2011 dini hari di RS Fatmawati.

Sedihnya lagi, Angie sempat mengalami keguguran dua kali setelah Keanu lahir. Salah satunya terjadi tiga hari setelah berpulangnya Adjie Massaid untuk selamanya.

 

10 dari 11 halaman

Tak Bisa Membesarkan Anak

Setelah Adjie Massaid meninggal dunia, Angelina Sondakh tertimpa kasus korupsi dan suap yang membuatnya harus divonis 10 tahun penjara. Vonis tersebut membuatnya harus berada di rumah tahanan sejak April 2012.

Putusan tersebut membuat Angie tak bisa membesarkan anak kandungnya, Keanu lantaran statusnya sebagai terpidana. Sehingga Keanu yang kala itu masih balita harus diasuh oleh kakek dan neneknya selama hampir 10 tahun.

 

11 dari 11 halaman

Kisah Pilu yang Segera Berlalu

Namun pada hari ini, Kamis (3/3/2022), Angelina Sondakh sudah merasakan udara bebas setelah mendapat cuti menjelang bebas (CMB). Ia telah bertemu dengan putra dan orangtuanya.

Bahkan seperti disampaikan di atas, Angelina Sondakh akhirnya sudah bisa berziarah kembali ke makam sang suami, Adjie Massaid.

Ditemani Keanu Massaid dan Aaliyah Massaid, Angie menangis di sisi pusara sang suami di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

"Aku minta maaf, anak-anak aku tinggal," kata Angie sambil berlutut memegang nisan Adjie Massaid.

Di tengah cuti menjelang bebas ini, Angelina Sondakh masih tetap menunggu keputusan mengenai kapan tepatnya ia bisa bebas murni dan kembali berkumpul bersama keluarganya secara utuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.