Sukses

Setahun Rina Gunawan Meninggal Dunia: Mengenang Kiprah Presenter Hit yang Banting Setir Jadi Pengusaha Wedding Organizer Sukses

Artis Rina Gunawan meninggal dunia tepat setahun lalu, 2 Maret 2021.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Rabu (2/3/2022), Rina Gunawan tepat setahun meninggal dunia. Artis Rina Gunawan meninggal dunia setelah sepekan dirawat di rumah sakit. Kala itu, Rina sempat dinyatakan positif Covid-19. Berdasarkan keterangan sang suami, Teddy Syach, Rina memiliki sakit asma dan radang paru. Rina dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Pemilik nama Rina Mustikana Gumilang Gunawan dikenal sebagai presenter populer pada era 1990-an hingga 2000-an. Belakangan, ia memilih tampil di belakang layar. Ibu dua anak ini fokus mengurus bisnis perancang pernikahan atau wedding organizer (WO) ketimbang jadi artis. Bisnis WO yang ditekuninya sukses, dan menjadi langganan artis papan atas yang hendak menggelar pesta pernikahan.

Sepanjang hidupnya, wanita kelahiran 28 Juni 1974 memiliki imej yang baik. Tak pernah terdengar gosip miring baik mengenai pribadinya maupun rumah tangganya. Tak heran jika ketika meninggal dunia, sejumlah artis mengungkapkan dukacita yang mendalam. Dalam rangka memperingati setahun meninggalnya Rina Gunawan, berikut perjalanan karier Rina Gunawan yang dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (02/03/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Yudi

Rina Gunawan mengawali karier di industri hiburan sebagai penyanyi. Tercatat, pada tahun 1996 ia merilis album berjudul Yudi. Berirama pop, lagu 'Yudi' mengisahkan wanita yang patah hati usai ditinggalkan pria bernama Yudi. Ia juga merilis album Semalam Kau di Mana pada 1999 dan Taaruf pada 2008.

3 dari 5 halaman

Zimfoni

Sebagai penyanyi, nama Rina tidak terlalu bersinar. Kariernya justru meroket sebagai pembawa acara di TV. Ia pernah memandu program musik Zimfoni yang tayang di SCTV pada era 1990-an. Rina juga sukses menjadi host program gelar wicara Campur Campur yang tayang di salah satu TV swasta. Rina juga dipercaya jadi presenter program TV berjudul Puan, AMKM: Anda Meminta Kami Memutar, On Air dan Ruming.

4 dari 5 halaman

Si Doel Anak Sekolahan

Dunia akting juga sempat dijajal Rina. Ia pernah mendapat peran dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan, yaitu sebagai teman Sarah (Cornelia Agatha). Sinetron lain yang sempat dibintanginya adalah Erte Erwe, Pat Pat Gulipat dan Mat Angin.

 

5 dari 5 halaman

Wedding Organizer

Bersama Teddy, pada tahun 2000 Rina merintis bisnis perancang pernikahan atau wedding organizer (WO). Sejumlah artis mempercayakan pernikahan pada Rina. Sebut saja, Eko Patrio – Viona Rosalina, Almarhum Ashraf Sinclair – Bunga Citra Lestari, Anang Hermansyah – Ashanty, Adly Fairuz – Angbeen Rishi, Dude Harlino – Alyssa Soebandono, Oki Setiana Dewi – Ory Vitrio, dan banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.