Sukses

Troy Kotsur Jadi Aktor Tuli Pertama yang Menangi Penghargaan Solo di SAG Awards, Pidato Pakai Bahasa Isyarat

Troy Kotsur mengungguli nama-nama kondang di SAG Awards 2022

Liputan6.com, California - Sejumlah pencapaian bersejarah hadir di Screen Actors Guild atau SAG Awards 2022, salah satunya dari aktor Troy Kotsur. Dalam ajang yang dihelat di The Barker Hangar, Santa Monica, California pada Minggu (27/2/2022) malam waktu setempat, performanya dalam film CODA diganjar penghargaan Outstanding Performance by a Male Actor in a Supporting Role.

Dilasir dari People, Troy Kotsur adalah aktor tuli pertama yang memenangkan penghargaan personal dalam ajang ini.

Ia mengalahkan nama-nama kondang seperti Ben Affleck (The Tender Bar), Bradley Cooper (Licorice Pizza), Jared Leto (House of Gucci) dan Kodi Smit-McPhee (The Power of the Dog). 

Aktor 53 tahun ini juga menyampaikan pidato penghargaan lewat bahasa isyarat.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahasa Isyarat

"Saya sangat bangga menjadi anggota [SAG]. Saya telah menjadi member sejak 2001, dan sekarang akhirnya saya merasa bagian dari keluarga ini," tuturnya dalam bahasa isyarat. 

Pidatonya ini kemudian diterjemahkan oleh penerjemah.

3 dari 5 halaman

Dulu Numpang Tidur

Troy Kotsur kemudian mengungkap perjalan kariernya sebagai seorang aktor. 

"Saya tahu Anda semua adalah seniman, dan saya tahu Anda semua tahu apa rasanya menjadi aktor yang kelaparan. Dulu saya tidur di mobil, di ruang ganti belakang panggung, numpang tidur, semuanya. Anda memahaminya, kan?" tutur Troy.

Ia melanjutkan, "Jadi, terima kasih banyak."

 

4 dari 5 halaman

Terima Kasih untuk Istri

Ia juga berterima kasih kepada sang istri yang selalu mendampingnya. Di pengujung ucapannya ia nyeletuk, "Terima kasih kepada istriku yang mengingatkanku untuk mengecek resletingku sebelum berjalan di karpet merah."

 

5 dari 5 halaman

Piala Oscar

Troy Kotsur juga meraih nominasi di Piala Oscar tahun ini lewat CODA. Ia membintangi film ini bersama Marlee Matlin, aktris tuli pertama yang memenangkan Piala Oscar lewat penampilannya di Children of a Lesser God (1986). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.