Sukses

6 Potret Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Ikut Terjun ke Garda Depan Wilayah Konflik

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menolak tawaran untuk mengungsi keluar dari ibu kota. Ini bukan pertama kalinya ia mengambil risiko di tengah krisis yang menerpa negaranya.

Liputan6.com, Jakarta Sejak diangkat sebagai Presiden Ukraina pada 2019 lalu, Volodymyr Zelensky atau Volodymyr Zelenskyy, berulang kali menarik perhatian publik. Pertama, karena latar belakangnya yang sebenarnya jauh dari kancah politik. Ia sebelumnya dikenal sebagai aktor dan komedian, yang bahkan pernah memerankan tokoh Presiden Ukraina. Tak dinyana, ia justru menjadi presiden sungguhan di negaranya.

Kini, ia kembali menjadi sorotan saat Rusia menginvasi negaranya. Ia menolak tawaran untuk mengungsi dan memilih untuk bertahan di ibu kota, Kyiv.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Volodymyr Zelensky mengambil risiko di tengah krisis yang menerpa negaranya. Sebelumnya, ia juga sempat terjun ke garda depan wilayah yang dilanda konflik.

Berikut beberapa potretnya saat terjun ke lapangan. 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Terjun ke Donetsk

Volodymyr Zelensky mengunjungi wilayah Donetsk, di wilayah timur Ukraina, yang dilanda peperangan. Foto ini diambil pada 14 Oktober 2021. 

3 dari 7 halaman

2. Di Garda Depan

Foto ini tak memiliki keterangan tanggal. Namun dari pernyataan Kantor Kepresidenan Ukraina yang dilansir dari AP, foto ini memperlihatkan Volodymyr Zelensky saat berada di garda depan dalam tempat perlindungan di bagian timur Ukraina. Di wilayah ini, militer Ukraina terus berkonflik dengan separatis yang didukung Rusia.

4 dari 7 halaman

3. Kembali ke Donets

Foto ini ini menampilkan Presiden Volodymyr Zelensky yang kembali garda depan di wilayah Donetsk pada 17 Februari 2022. 

5 dari 7 halaman

4. Mengunjungi Pos Penjagaan

Pada hari yang sama dengan foto di atas, Presiden Volodymyr Zelensky mengunjungi pos penjagaan laut di Mariupol, Donetsk.

 

6 dari 7 halaman

5. Bersama Prajurit

Presiden Volodymyr Zelensky juga menyempatkan diri bertemu dengan tentara Ukraina di Donetsk, yang tengah berada dalam posisi kombat.

7 dari 7 halaman

6. Video Viral

Salah satu pernyataan Presiden Volodymyr Zelensky yang viral baru-baru ini, adalah keengganannya untuk mengungsi keluar dari ibu kota Kyiv. 

"Pertempurannya di sini," kata dia, dalam salah satu video terbarunya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.