Sukses

Yusuf Mansur Beberkan Riwayat Sekolah Wirda Mansur Serta Kerabat di Luar Negeri yang Sudah Membantu Putrinya

Ustaz Yusuf Mansur menyampaikan riwayat pendidikan Wirda Mansur secara terperinci serta nama-nama kerabat yang membantu putrinya selama mengenyam pendidikan di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Yusuf Mansur tengah jadi pusat perhatian lantaran putrinya, Wirda Mansur, dituding melakukan pembohongan publik. Sang putri mengaku pernah kuliah di luar negeri, lalu keluar lantaran jadwalnya bertubrukan dengan waktu ibadah.

Di tengah masalah hukum yang sedang dihadapinya, ustaz bernama asli Jam’an Nurkhatib Mansur itu membuka suara untuk mengklarifikasi pernyataan putrinya di media sosial. Awalnya, Yusuf Mansur membuka suara melalui sebuah video.

Namun belum lama ini, ia menyampaikan riwayat pendidikan Wirda Mansur secara terperinci serta nama-nama kerabat yang membantu putrinya. Ia menyampaikannya dalam sebuah keterangan dalam unggahan terbarunya di Instagram berupa tangkapan layar chat berisi curahan hati putrinya soal isu yang sedang menerpanya.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pernah Kuliah di Inggris

Awalnya Yusuf Mansur menyampaikan bahwa Wirda sempat mengenyam pendidikan di Buckingham, Inggris. Ia pun menyatakan semuanya atas izin dan kekuatan Sang Khalik.

"Wirda dengan izin Allah, bener kuliah di Buckhingham University, UK. Saya udah bilang, dan jadi ajaran ke siapa aja, agar memakai Kekuatan Allah... Dalam urusan apa aja. Termasuk biaya kuliah, jalan kuliah, bisa kuliah... Di mana aja. Di kampus mana aja. Di kota dan negara mana aja," tulis Yusuf Mansur.

"Kalau sama Allah, semua bisa jadi Sultan dan Sultanah. Allah Yang Bukain, Allah Yang Ngasihin, Allah Yang Nuntasin, Allah Yang Wujudin. Allah Yang Biayain. Asli ini. Tentu asal mau berproses," sambungnya.

3 dari 6 halaman

Berawal dari Pesantren

Yusuf Mansur lantas mengaku bahwa putrinya bisa berkeliling dunia lantaran sejak remaja ia sudah berpindah-pindah sekolah dan pesantren demi bisa mendapatkan pengalaman serta banyak kenalan.

"Wirda itu muter-muter SMP dan SMA, keliling dunia... Bermula dari pesantren ke pesantren. Ga satu pesantren. Tapi banyak pesantren. Sebentar sebentar. Ngejar pengalaman, pergaulan, persahabatan, wawasan.. Dan belajar sesuatu yang makro... Belajar tentang kehidupan pesantren," katanya.

4 dari 6 halaman

Kuliah di Luar Negeri

Barulah setelah itu Yusuf Mansur membeberkan sekolah maupun universitas luar negeri mana saja yang diakuinya pernah menjadi tempat Wirda Mansur dalam menempuh pendidikan.

"Kemudian setelah mencicipi berbagai kota di tanah air, Wirda ke luar negeri. Dari sekedar dauroh di Mekkah, Madinah. Dauroh bahasa di Jordan University. Sampe sekolah formal di Newyork, USA. Kemudian ngambil sekolah bahasa di Lado, Washington DC. Sambil ambil Visa i20. Supaya kuliahnya gampang nanti kalo mau kuliah di Amrik," tulis Ustaz Yusuf Mansur.

5 dari 6 halaman

Kerabat di Luar Negeri

Ustaz Yusuf Mansur juga menyebutkan beberapa nama yang diklaimnya sebagai kerabat di luar negeri yang sudah membantu Wirda selama menempuh pendidikan di belahan bumi lain.

"Makasih buat Om Om dan Tante Tantenya, di belahan bumi Allah yang direpotin Wirda dengan izin Allah... Misal keluarga Ustadz Shamsi Ali di NewYork. Di mana Wirda malah tinggal di rumah beliau, dan dianter pergi pulang ke sekolah," ketiknya.

"Keluarga Kamal, Arief, di Washington DC, yang Wirda juga tinggal di sana. Layaknya anak sendiri. MaasyaaAllah. Nanti cerita2 yaaaa," sambungnya sambil menutup klarifikasi soal putrinya.

6 dari 6 halaman

Dituduh Pembohongan Publik

Sebelumnya, Wirda Mansur dituding berbohong soal dirinya yang berkuliah di Oxford, Inggris. Di sosial media, putri Ustaz Yusuf Mansur itu bahkan dibilang halu (mengada-ngada).

Tak ingin persoalan terus berkembang, sang ayah pun memberikan penjelasan. Ustaz bernama asli Jam’an Nurkhatib Mansur memberikan klarifikasi soal kuliah sang anak.

"Nggak ada yang ngaku-ngaku dari kami ya, dari saya Papanya dan Wirda bahwa Wirda lulusan Oxford," ujar Yusuf Mansur, dilihat dari video klarifikasi yang dilihat, Kamis (24/2/2022).

Namun meski begitu, Yusuf Mansur menilai bahwa anaknya itu kapabel dan berpeluang untuk kuliah di Oxford.

"Bahwa Wirda sangat berpeluang kuliah di Oxford iya, karena pengalaman internasional beliau mulai dari SD. Dari SD, saya udah bawa keliling nusantara dan ke mancanegara ketemu dengan Syekh-Syekh dan sebagainya," ujar Yusuf Mansur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.