Sukses

Zaskia Adya Mecca Tutup Semua Gerai Meccanism, Banting Setir ke Jalur Online Omzet Naik 4 Kali Lipat

Merespons wabah Covid-19, Zaskia Adya Mecca bikin keputusan mengejutkan dengan menutup seluruh gerai lini busana Meccanism. Berikut pengakuannya.

Liputan6.com, Jakarta Selain aktris, Zaskia Adya Mecca dikenal sebagai pengusaha yang membangun lini busana Meccanism, ZM by Zaskia Mecca, dan BIA. Ia mengakui, pandemi Covid-19 ujian besar bagi bisnisnya.

Dalam wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com via telepon, Jumat (25/2/2022), istri Hanung Bramantyo mengaku membuat keputusan besar selama wabah virus Corona, yakni menutup semua gerai Meccanism di seluruh Indonesia.

“Bukannya turun tapi berkembang. Semuanya pindah ke online,” kata bintang sinetron Para Pencari Tuhan. “Semua gerai off-line saya tutup dengan pertimbangan orang keluar rumah atau ke mal saja pikir-pikir,” imbuh Zaskia Adya Mecca.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Semua Pindah Online

Langkah berani ini rupanya berbuah manis. Omzet lini busana ibu lima anak ini malah naik empat kali lipat. “Setelah semua pindah ke online, omzet naik hingga empat kali lipat,” ia menyambung.

Zaskia Adya Mecca mengulas, setiap lini busana mesti punya tema dan fokus sendiri. ZM by Zaskia Mecca misalnya, tahun ini mengusung tema Jelita Indonesia yang memotret lima destinasi wisata prioritas Pemerintah.

3 dari 5 halaman

Pengusaha Cepat Adaptasi

Akhir 2021, Zaskia Adya Mecca mengampanyekan eksotika Labuan Bajo dalam koleksi ZM by Zaskia Mecca. Tema aktual yang menguatkan identitas merek lokal diyakini bintang film Ayat-ayat Cinta menarik minat pencinta mode.

Zaskia Adya Mecca lalu berbagi kiat bertahan di tengah wabah. “Pengusaha harus cepat beradaptasi dengan pandemi, lakukan adjusting dan berpikir taktis. Saya dan tim misalnya, langsung memformulasikan busana muslim yang daily wear dan masker friendly,” urainya.

 

4 dari 5 halaman

Program Bulanan

Setelah menutup semua gerai, Zaskia Adya Mecca mendirikan toko daring resmi bekerja sama dengan sejumlah platform belanja. Di sana, ia menggelar banyak promosi untuk menarik minat masyarakat yang lagi jalan-jalan di mal virtual.

“Setiap platform online shop punya program bulanan. Lini busana kami ikut berpartisipasi dalam kampanye tersebut,” pungkasnya. Salah satunya, keikutsertaan ZM by Zaskia Mecca dalam kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale yang digelar hingga 3 Maret 2022. 

5 dari 5 halaman

Busana Muslim dan Hijab

Dalam kampanye tersebut, Zaskia Adya Mecca meluncurkan busana muslim dan hijab terkini seperti Cordoba Berry Scarf Kerudung Segi Empat hingga Qain Lavender. Head of Brands Management and Digital Products Shopee Indonesia, Daniel Minardi, menyambut hangat.

“Industri fesyen muslim terus berkembang dan jadi pendorong pelaku usaha lokal untuk berkarya. Kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale memberi eksposur kepada brand lokal dari segala kategori, termasuk pakaian muslim,” ujarnya, lewat pernyataan tertulis yang kami terima pekan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.