Sukses

Hanung Bramantyo Unggah Pertemuan Gatotkaca dan Captain Marvel Setelah Netizen Ribut Logo Bintang di Dada

Hanung Bramantyo buka suara soal keributan netizen +62 perkara bintang di dada Gatotkaca yang dibilang mirip Captain Marvel. Apa katanya?

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang hari kemarin, Gatotkaca ramai dibahas netizen. Rupanya, ini buntut peluncuran teaser trailer film Satria Dewa Gatotkaca yang disutradarai Hanung Bramantyo.

Selain adegan terbang di langit, netizen mulai membandingkan logo bintang di dada Gatotkaca yang dinilai mirip dengan Captain Marvel, salah satu jagoan dari komik Marvel.

Saking ramai, Budiman Sudjatmiko sampai ikut membahas logo bintang di dada satria dengan otot kawat dan tulang sekuat besi. Ia menyebut bintang di dada Gatotkaca bukan hal aneh.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bintang di Tengah Dada

Sebelum Marvel, inilah Gatotkaca versi wayang oramg yg pertamakali kulihat saat TK. Foto ini persis sama dgn cover kaset wayang orang yg dipunyai Pak De-ku,” cuitnya pada Rabu (23/2/2022).

Sudah ada bintang di tengah dadanya (dan sejak itu aku mengidolakan dia),” Budiman Soedjatmiko menyambung seraya mengunggah sampul rekaman audio Gatotkaca Rebutan Kikis dari Wayang Orang Sriwedari.

3 dari 5 halaman

Saya Senang

Hanung Bramantyo akhirnya bersuara soal perdebatan logo bintang di dada Gatotkaca dan Captain Marvel. Sineas peraih dua Piala Citra ini mengaku senang ada huru-hara ini, karena ada hikah yang bisa dipetik.

Saya seneng gara-gara logo bintang kang Gatot yang mirip kayak teteh Kapten, bikin netijen ngulik wayang lagi,” tulisnya via akun Instagram terverifikasi pada hari yang sama.

 

4 dari 5 halaman

Gatotkaca Bertemu Captain Marvel

Yang menarik, Hanung Bramantyo mengunggah gambar ilustrasi pertemuan Gatotkaca dan Captain Marvel karya seniman Hariprast. Sutradara Ayat-ayat Cinta berharap Gatotkaca makin dekat dengan generasi muda.

Saking heboh pembahasan bintang di dada Gatotkaca, akun Twitter @sinema911 membuat utas menarik terkait sejarah logo bintang. Kami mencuplik beberapa di antaranya. Pertama, ada penggambaran berbeda antara Gatotkaca versi Indonesia dan India. 

5 dari 5 halaman

Versi Indonesia dan India

Gatotkaca India sering divisualkan berkepala botak, membawa gada, dan bisa berubah jadi raksasa. Di Indonesia sering divisualkan berdasarkan bentuk wayang kulitnya. “Yakni berambut gelung, berkumis, tanpa senjata gada, dan memiliki simbol bintang di dadanya,” cuitnya.

Bintang di dada Gatotkaca dipercaya sebagai simbol Dewata Nawa Sangha, simbol sembilan penguasa di tiap penjuru mata angin dalam konsep Hindu. “Sembilan penguasa tersebut merupakan Dewa Siwa yg dikelilingi oleh delapan aspeknya,” imbuhnya, 23 Februari 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.