Sukses

Inul Daratista Bikin Aplikasi untuk Bantu Pelaku UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Inul Daratista meluncurkan aplikasi Keyta.

Liputan6.com, Jakarta - Pedangdut Inul Daratista melebarkan sayap bisnisnya dengan meluncurkan aplikasi bernama Keyta. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan para pelaku UMKM memasarkan produk jualannya secara online. Inul berharap pelaku UMKM bisa terbantu di masa pandemi saat ini

Bagi istri Adam Suseno ini, aplikasi ini merupakan impiannya selama ini. Bisa meluncurkan aplikasi yang bermanfaat bagi orang banyak menjadi kebanggaan tersendiri buat Inul.

"Bangga banget pokoknya kalau ada yang ngomong back-up siapa (bisa bikin aplikasi), enggak ada back-up siapa pun. Ini murni kerja keras teman-teman, best friend aku, tim aku, Manajemen Inul. Aku ucapin terima kasih," ujar Inul saat jumpa pers secara virtual, Selasa (22/2/2022).

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Optimis

Bagi Inul, dirinya juga merasa optimis karena mendapatkan banyak dukungan dari orang-orang di sekitarnya.

"Mengingat hitung-hitungan aku enggak bisa walau ngitung duit bisa. Ngomong hitung-hitungan itu, aku kurang pintar MTK. Jadi semua support aku dari belakang,” lanjut Inul.

 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi

Bersama Inul, juga ada seorang wanita bernama Jacqueline Latip yang berkolaborasi dengannya. Jacqueline Latip founder Keyta yang sudah merancang aplikasi ini sejak 2019.

Namun, karena fitur-fitur di dalam aplikasi Keyta harus dilengkapi maka akhirnya baru bisa diluncurkan hari ini.

Sebagaimana diketahui, pelaku UMKM dapat menggunakan fitur-fitur di aplikasi Keyta seperti autotext, cek dan komparasi ongkir, pemesanan kurir dari belasan ekspedisi secara langsung, pembuatan invoice, analisa toko dan beberapa fitur lainnya.

"Sudah ada idenya dari tahun 2019 saat aku jualin barang-barang. Admin-admin (jualan) banyak yang memberikan input bagus, membantu banget. Akhirnya kita sempurnakan. Kita tambahkan fitur-fiturnya," kata Inul.

 

4 dari 4 halaman

Pelaku UMKM

Dengan aplikasi ini, Inul berharap para pelaku UMKM terbantu memasarkan jualannya lewat online. Keyta dapat digunakan dengan mendownload aplikasinya lewat Playstore.

"Ya harapan saya aplikasi keyboard ini bisa dinikmati teman-teman pelaku bisnis ysng sangat memerlukan aplikasi ini. Sangat membantu sekali ibaratnya ini artis, ini artis multitalenta. Semua bisa digunakan dengan baik dari bawah sampai atas," pungkas Inul Daratista.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.