Sukses

Dorce Gamalama Sempat Titipkan Anak-anaknya kepada Sahabat

Sahabat mendiang Dorce Gamalama menceritakan bahwa ia sempat diminta Dorce untuk menjaga anak-anaknya bila umurnya tak panjang.

Liputan6.com, Jakarta Dorce Gamalama meninggal dunia di usia 58 tahun pada Rabu (16/2/2022). Sebelum mengembuskan napas terakhir, Bunda Dorce (begitu sapaan akrabnya) sempat koma selama 10 hari saat dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug.

Hetty Soendjaya, sahabat mendiang Dorce Gamalama, menceritakan bahwa ia sempat dihubungi oleh pemilik nama asli Dedi Yuliardi Ashadi itu sebelum mengalami koma. Kala itu, Dorce meminta Hetty untuk menjaga anak-anaknya bila umurnya tak panjang.

"Sebelum masuk rumah sakit, dia ada telepon saya, dia bilang 'Titip anak-anak gue kalau gue mati.' Dia bahasanya 'kalau gue mati'," kata Hetty Soendjaya, ditemui usai pemakaman di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Semangat untuk Dorce

Sebagai sahabat, Hetty selalu memberikan semangat untuk Dorce Gamalama agar bisa sembuh dari penyakitnya. Namun, tetap saja ia selalu membicarakan soal kematian.

"Dia (Dorce) selalu ngomong gitu (mati). Saya bilang, sudah mbak, istigfar, enggak usah ngomong gitu. Pasti Allah kasih kesembuhan buat mbak. Banyak zikir, semangat sembuh harus ada," ujar Hetty.

3 dari 5 halaman

Siap Dipanggil

Kepada Hetty, Dorce mengaku sudah siap bila dirinya dipanggil oleh Sang Khalik. Apalagi, ia sadar betul setiap manusia pasti akan mati nantinya.

"Dia bilang, 'Lu kan tahu semua manusia mati.' 'Iya betul, semua yang hidup itu pasti mati, iya betul mbak.' 'Nah gue sudah siap, sudah ikhlas kalau Allah mau ambil gue. Gue sudah ikhlas, gue sudah siapin semuanya,'" kata Hetty menceritakan.

4 dari 5 halaman

Tak Sadarkan Diri hingga Meninggal

Tak lama kemudian, Dorce Gamalama tak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit.

Jelang akhir hidupnya, Dorce dinyatakan positif terpapar Covid-19 dan mendapatkan perawatan intensif di RSPP Simprug, Jakarta Selatan.

5 dari 5 halaman

Dimakamkan Secara Laki-Laki

Dorce Gamalama dinyatakan meninggal dunia Rabu (16/2/2022). Jenazah Dorce disalatkan dan dimakamkan secara laki-laki di TPU Bantar Jati.

Padahal sebelumnya, Dorce sempat berwasiat ingin dikebumikan secara perempuan bila meninggal dunia. Namun keluarga memilih untuk memakamkannya sesuai syariat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.