Kenang Dorce Gamalama, Ade Fitrie Kirana: Beliau Entertainer Besar dan Penghibur yang Baik

Oleh Hernowo Anggie pada 16 Feb 2022, 14:31 WIB
Diperbarui 16 Feb 2022, 19:27 WIB
[Fimela] Dorce Gamalama
Perbesar
Dorce Gamalama (dok. Kapanlagi.com)

Liputan6.com, Jakarta Kabar Dorce Gamalama meninggal dunia menjadi fakta mengejutkan yang diterima masyarakat, termasuk rekan-rekannya di industri hiburan. Ade Fitrie Kirana, pesinetron yang dikenal lewat aktingnya di sinetron Islam KTP SCTV, mengaku tersentak dengan kabar Dorce meninggal dunia.

"Yang jelas kaget ya, kaget banget dengar Bunda Dorce meninggal dunia karena Covid-19," kata Ade Fitrie Kirana saat dihubungi via sambungan telepon di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Ia mengenang mendiang Dorce sebagai sosok seniman pekerja keras yang akrab dengan berbagai kalangan.

Ade Fitrie Kirana tak ragu menyebut dunia seni dan industri hiburan Indonesia kehilangan entertainer besar, penghibur yang baik dan contoh bagi sesama seniman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mengenal di Era 90-an

Ade Fitrie Kirana (https://www.instagram.com/p/CZ2yAMlhi9k/)
Perbesar
Ade Fitrie Kirana (https://www.instagram.com/p/CZ2yAMlhi9k/)

"Saya pribadi mengenal bunda Dorce sejak kecil tahun 90-an dari filmnya yang tayang di bioskop," kata Ade Fitrie Kirana. Ia menambahkan, film layar lebar yang dimaksud adalah Dorce Ketemu Jodoh.

"Dari sana, saya melihat karakternya kuat disana. Memang tahun-tahun itu, film Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri sehingga memberi banyak ruang gerak aktor mengembangkan karakternya, termasuk bunda Dorce," imbuhnya.

 


Oprah Winfrey Indonesia

Dorce Gamalama
Perbesar
Dorce Gamalama

Sukses di layar lebar, Dorce kemudian masuk ke hiburan televisi dengan memandu acara di Trans TV bertajuk Dorce Show sejak Januari 2005.

Acara tersebut sukses, bahkan Dorce kerap disebut sebagai Oprah Winfrey-nya Indonesia berkat gaya dalam membawakan gelar wicara tersebut dengan menarik.

 


Ramah dan Selalu Menyapa Duluan

Suasana Pemakaman Dorce Gamalama
Perbesar
Kerabat dan keluarga berdoa di makam Dedi Yuliardi Ashadi atau Dorce Gamalama di TPU Bantar Jati, Bambu Apus, Jakarta, Rabu (16/2/2022). Dorce menghembuskan nafas terakhir di RSPP Simprug, Jakarta Selatan, Rabu (6/2) pukul 07.00 WIB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ade Fitrie Kirana pun beberapa kali bertegur sapa dengan Dorce Gamalama saat berpapasan di studio dan lokasi syuting.

"Beliau itu ramah ke semua orang. Siapa yang menyapa, pasti dibalas. Cepat akrab dengan banyak orang, bahkan yang baru dikenalnya," kenang artis yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA).

 

 


Kepedulian Sosial

Ade Fitrie Kirana (ist)
Perbesar
Ade Fitrie Kirana (ist)

Ia menambahkan, kepedulian sosial mendiang Dorce juga sangat baik. "Jadi beliau benar-benar menolong orang lain, dengan mengadopsi tiga anak menjadi contoh nyata kepedulian beliau," kata Ade. Bahkan, imbuhnya, ada seribu anak yatim yang rutin disantuninya.

"Sebagai pribadi, saya turut memohonkan maaf bila almarhum bunda Dorce ada kesalahan semasa hidupnya. Sekarang beliau sudah tiada, kita kenang karya dan kebaikannya," Ade Fitrie Kirana memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya