Sukses

Cara Simpan Akun LTMPT Secara Permanen

Cek ulang formulir LTMPT sebelum disimpan secara permanen.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi siswa yang akan mengikuti SNMPTN, diwajibkan untuk mendaftar di situs resmi LTMPT. Bila sudah login, siswa bisa menyimpan data secara permanen.

Simpan permanen bisa dilakukan sejak Selasa (8/2/2022) lalu hingga 15 Februari 2022 mendatang.

Sebelum data disimpan permanen, sebaiknya siswa mengecek ulang agar tak ada kesalahan. Karena, bila sudah permanen tak bisa lagi diubah atau diperbaiki.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Bagaimana Caranya?

Langkah awal adalah dengan mengecek ulang NISN, NPSN, dan juga tanggal lahir. Untuk NISN bisa dicek di nisn.data.kemdikbud.go.id, dilansir kanal YouTube GEP Media, Selasa (8/2/2022).

Siswa melakukan aktivasi akun menggunakan email. Pastikan emailnya sudah aktif. Setelah itu, siswa melakukan verifikasi dan validasi akun.

3 dari 7 halaman

Alamat

Untuk mengisi data alamat, harus disesuaikan dengan data yang ada di sekolah. Hal ini dilakukan bila alamat domisili sekarang berbeda dengan KTP.

4 dari 7 halaman

Jurusan

Dipastikan kembali jurusan yang kamu jalani selama di sekolah, IPA atau IPS, atau SMK, maupun bahasa. Keaktifan siswa, tanggal masuk sekolah kelas 12.

5 dari 7 halaman

Pasfoto

Jangan lupa juga cek aturan mengunggah pasfoto. Jangan sampai fotonya salah. Perhatikan juga ukuran, resolusi, foto wajah tak boleh terpotong.

Ikuti saja garis putus-putus yang ada, jangan sampai ke luar.

6 dari 7 halaman

Data Keluarga

Untuk formulir 2022, ada data tentang keluarga, seperti data penghasilan orangtua dan tanggungan jangan lupa diisi juga.

Jumlah tanggungan dicek lagi ya, karena bukan hanya jumlah anak tetapi bila ibu tidak bekerja termasuk sebagai tanggungan. Ini penting sekali untuk menentukan pembayaran di perkuliahan.

7 dari 7 halaman

Simpan Permanen

Bila semua data yang diisi sudah lengkap dan benar, barulah simpan secara permanen. Setelah itu, siswa akan mendapatkan bukti sudah melakukan registrasi akun LTMPT. Download dan simpan bukti tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.