Sukses

6 Kejutan Nominasi Oscar 2022: Penelope Cruz dan Kirsten Dunst Jadi Nomine Bareng Suami, Beyonce Diakui

Pasangan suami istri di kehidupan nyata meraih nominasi Oscar di tahun yang sama adalah momen langka. Kirsten Dunst dan Penelope Cruz melakukannya!

Liputan6.com, Jakarta Dalam pergelaran Oscar, ada istilah snubs dan surprise. Secara sederhana bisa diartikan yang gagal jadi nomine (meski dianggap sangat layak) dan kejutan karena tak disangka bisa jadi kandidat Oscar. Hal yang sama juga terjadi dalam Oscar 2022.

Pergelaran Academy Awards ke-94 kali ini menyimpan sejumlah kejutan yang jadi buah bibir masyarakat dunia. Pertama, Kirsten Dunst. Bintang film Spider-Man bersama sang suami jadi nomine lewat The Power Of The Dog untuk kategori Pemeran Pendukung.

Penelope Cruz bersama suaminya, Javier Bardem, juga jadi nomine di kategori akting. Sang diva Beyonce akhirnya mendapat pengakuan Oscar tahun ini. Inilah 6 kejutan nominasi Oscar 2022.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kristen Stewart

Agak membingungkan saat peran Kristen Stewart sebagai Putri Diana dalam Spencer dinominasikan di lebih dari 50 festival film, tapi gagal masuk BAFTA dan SAG Awards.

Untunglah, komite Academy Awards menimbang dengan jeli hingga bintang film Twilight beroleh nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik. Persaingan di kategori ini kian panas.

3 dari 7 halaman

2. Kirsten Dunst dan Penelope Cruz

Sebuah fenomena langka terjadi di Oscar tahun ini. Dua pasangan suami istri di kehidupan nyata beroleh nominasi Oscar kategori akting. Pertama, Penelope Cruz dan Javier Bardem. Sang aktris nomine Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat Parallel Mothers.

Javier nomine Pemeran Utama Pria lewat Being The Ricardos. Pasutri lainnya, Kirsten Dunst dan Jesse Plemons. Keduanya membintangi The Power of The Dog dan diganjar nominasi Pemeran Pendukung Terbaik. Tak terbayang bahagianya dua pasutri ini sekarang.

4 dari 7 halaman

3. Mendadak Dench-Cruz

Oscar kerap membuat pernyataan sikap sendiri yang tercermin dalam daftar nominasinya. Pernyataan tahun ini terasa lantang saat aktris veteran asal Inggris, Judi Dench, mendadak dinominasikan untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat Belfast.

Padahal, ia tak dilirik Golden Globe, BAFTA, dan SAG Awards. Dalam catatan kami, hanya ada 6 festival film yang menominasikannya di kategori ini. Masuknya Penelope Cruz (Parallel Mothers) sebagai nomine Pemeran Utama Wanita Terbaik pun dianggap memupus peluang Lady Gaga.

5 dari 7 halaman

4. 4 Film Non-Amerika

Oscar sebagai tuan rumah film sejagat memperlihatkan sifat ramah dengan memberi banyak tempat bagi film non-Amerika Serikat. Drive My Car (Jepang) secara dramatis meraih empat nominasi termasuk kategori bergengsi Film Terbaik.

Flee (Denmark) diganjar tiga nominasi untuk Film Fitur Internasional, Dokumenter, dan Animasi Terbaik. The Worst Person In The World (Norwegia) nomine Film Fitur Internasional dan Skenario Asli Terbaik. Parallel Mothers (Spanyol) dinominasikan untuk Pemeran Utama Wanita dan Tata Musik Terbaik.

6 dari 7 halaman

5. Kenneth Branagh Cetak Sejarah

Fenomena langka lainnya, pencapaian seniman serbabisa Kenneth Branagh. Belfast memberinya tiga nominasi yakni Penulis Skenario Asli, Sutradara, dan Film Terbaik. Artinya, sampai detik ini dia telah dinominasikan di tujuh kategori berbeda dan belum pernah menang.

Nominasi lain yang pernah didapatkannya yakni: Pemeran Utama Pria dan Sutradara Terbaik (Henry V, 1989), Film Pendek Terbaik (Swan Song, 1992), Penulis Skenario Adaptasi Terbaik (Hamlet, 1996), dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik (My Week With Marilyn, 2011). Semoga menang!

7 dari 7 halaman

6. Selamat Datang, Beyonce!

Akhirnya penggemar Beyonce sejagat bisa syukuran potong tumpeng. Sang diva beroleh nominasi Oscar pertama kategori Lagu Tema Film Terbaik lewat tembang “Be Alive” yang ditulisnya bersama Dixson. “Be Alive” adalah lagu tema film King Richard.

Sayangnya, pelantun “Love on Top” menghadapi pesaing berat. Salah satunya, Billie Eilish yang menang Golden Globe tahun ini lewat nomor “No Time To Die.” Oscar dan Golden Globe kerap beda selera soal soundtrack. Apakah Beyonce akan menang?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.