Sukses

Sinopsis The Tinder Swindler: Niatnya Cari Jodoh, Ujung-ujungnya Malah Terlilit Utang

Ada satu pelajaran besar yang bisa ditarik pemirsa The Tinder Swindler: hati-hati saat menyerahkan hati!

Liputan6.com, Jakarta Kalau kejadian dalam dokumenter  The Tinder Swindler terjadi di Indonesia, mungkin akan muncul sinetron bertajuk "Niat Cari Jodoh Malah Terlilit Pinjol." Terasa menggelikan, tapi dalam kehidupan aslinya hal ini sungguh bikin hati ngilu.

The Tinder Swindler adalah dokumenter terbaru dari Netflix, yang tayang sejak 2 Februari 2022. Bila diartikan secara harfiah, judulnya bisa bermakna Sang Penipu dari Tinder.

Sosok yang disebut sebagai penipu dalam tayangan ini adalah Shimon Hayut. Oleh sejumlah wanita dari berbagai negara Eropa yang dikencaninya, ia dikenal dengan nama Simon Leviev.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil Mentereng

Di Tinder, Simon menyebut dirinya pengusaha berlian, anak konglomerat Israel Lev Leviev. Foto-foto profilnya di aplikasi kencan dan Instagram bikin silau. Penampilannya perlente dibalut barang-barang bermerek, bolak-balik terbang lintas negara, dan juga menyambangi tempat yang biasa didatangi kalangan jetset. 

Salah satu match, alias pengguna yang saling suka dengan Simon di Tinder, adalah Cecilie Fjellhøy.

3 dari 5 halaman

Bumerang untuk Cecilie

Sejak kecil, Cecilie mendambakan datangnya sang "pangeran berkuda putih" yang akan memberinya cinta sejati bak dunia dongeng. Melihat perlakuan baik dan wajah ganteng Simon, ditambah dengan pengalaman kelas premium yang diberikan pria ini, hati Cecilie tergetar. 

Cerita sedih masa lalu yang diungkap Simon membuat Cecilie ingin melindungi Simon. Namun justru hal ini yang bakal berbalik jadi bumerang untuknya.

4 dari 5 halaman

Modus Simon

Simon mulai bercerita bahwa dirinya mendapat ancaman dari musuh-musuh bisnisnya. Tak cuma dalam persaingan bisnis, tapi juga nyawa. Dengan beragam permainan kata ciamik, Simon membujuk Cecilie untuk memberinya uang tunai dan membuatkan kartu kredit untuk dirinya atas nama wanita ini. Tak kuasa menolak walau keuangan cekak, Cecilie akhirnya memilih meminjam uang senilai ratusan ribu dolar AS. 

Rupanya penggunaan uang ini beda dari yang diungkap Simon kepada Cecilie. Ia justru bersenang-senang dengan wanita lain, di negara berbeda. Namun perempuan yang hari ini dijamu dengan penuh kemewahan oleh Simon, nantinya bakal jadi target mangsa untuknya.  

5 dari 5 halaman

Durasi 113 Menit

Berdurasi 113 menit, Tinder Swindler juga menceritakan bagaimana siasat Simon memperdaya korban, luka batin para korban, hingga bagaimana mereka bangkit dan mencoba membalas. 

Menonton dokumenter dari produser The Imposter dan Don’t F**k with Cats ini, ada satu pelajaran besar yang bisa ditarik pemirsanya: hati-hati saat menyerahkan hati!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.