Sukses

Sinopsis dan Review Rookie Cops: Warna-warni Kehidupan Anak Akademi Kepolisian Korea

Rookie Cops menandakan debut Kang Daniel di dunia akting.

Liputan6.com, Seoul - Setidaknya ada dua hal yang membuat Rookie Cops menarik perhatian penggemar drama Korea. Yang pertama adalah drakor ini termasuk “kloter pertama” drama orisinal dari Disney Plus. Alasan kedua, adalah drakor ini menandakan debut akting Kang Daniel, idol Korea yang namanya melejit di negaranya setelah memenangkan ajang survival show kondang pada 2017 lalu.

Tapi dua alasan ini tentu tak cukup kuat untuk merayu penonton agar tetap kembali ke layar setiap minggunya. Jadi, sebagus apa drama Korea ini?

Rookie Cops dibuka dengan pengenalan dua tokoh utamanya: Wi Seung Hyun (Kang Daniel) dan Go Eun Gang (Chae Soo Bin).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Akademi Kepolisian

Keduanya seakan berasal dari kutub yang berbeda, tapi tujuan mereka satu: masuk ke Akademi Kepolisian Korea atau Korean National Police University (KNPU).

Wi Seung hyun anak dari pejabat kepolisian, pintar, dan lulus dengan predikat terbaik. Sementara Eun Kang mesti belajar keras untuk masuk KNPU, dan berasal dari keluarga biasa. Satu kesamaan mereka: sama-sama keras dan teguh membela apa yang dianggap benar. Nah, dari sini konflik mulai bermunculan.

3 dari 5 halaman

Ditandai Senior

Wi Seung Hyun yang “gatal” untuk bertindak saat melihat apa yang ia anggap tak adil, kerap pasang badan saat melihat hal yang tak sesuai dengan nuraninya. Hal ini membuatnya “ditandai” oleh senior yang menggemblengnya di sekolah.

Di sisi lain, sebuah kesalahpahaman membuat Eun Kang hampir dikeluarkan dari sekolah. Tak terima, ia menyelidiki sendiri apa yang terjadi sebenarnya. Setali tiga uang dengan Wi Seung Hyun, ia juga dianggap duri yang mengganggu oleh para senior.

Di luar sekolah, badai pemberitaan mengancam KNPU. Ada wacana untuk membubarkan sekolah ini.

4 dari 5 halaman

Ensemble Cast

Di luar dua tokoh ini, Rookie Cops diperkuat dengan ensemble cast dari jajaran aktor dan aktris muda. Ada Lee Shin Young, Park Yoo Na, Park Seong Jun, Min Dohee, Kim Woo Seok, hingga Cheon Young Min. Alhasil, Rookie Cops berpotensi menjadi film yang kental dengan topik persahabatan yang menghangatkan hati.

Saat artikel ini ditulis, Rookie Cops baru tayang dalam empat episode. Ikatan antara karakternya, memang belum terasa begitu matang, tapi masih punya kemungkinan untuk berkembang pada masa mendatang.

Salah satu satu PR besar Rookie Cops, adalah memberikan porsi yang cukup kepada masing-masing karakter agar tak terasa hanya sebagai tempelan untuk "memenuhi kuota." Sejauh ini, karakter Park Yoo Na dan Lee Shin Young diberikan porsi cukup besar yang mencuri perhatian. 

Chae Soo Bin berhasil menampilkan magnet tokoh utama yang menggemaskan secara natural. Sementara Kang Daniel, memang masih perlu menambah jam terbang di dunia akting. Namun setidaknya performanya bisa mengimbangi gap dengan para seniornya di dunia akting dan pernampilannya tak terasa njomplang. 

5 dari 5 halaman

Keteteran di Awal

Di luar hal ini, gemuknya jajaran pemain berpotensi membuat plot tak fokus karena terlalu banyak percabangan. Masalah tersebut cukup terasa di dua episode awal.

Di awal, Rookie Cops memang terasa keteteran dalam menjabarkan konflik utama dalam drakor ini. Selain memperkenalkan jajaran tokoh yang lumayan banyak, episode awal juga ketambahan beban dalam memperkenalkan gambaran kehidupan anak baru di akademi ini. Barulah di episode tiga dan empat, mulai teraba ke mana drakor ini akan dibawa.

Episode baru Rookie Cops tayang di Disney Plus setiap hari Rabu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.