Sukses

Viral Lagi Ceramah Lawas Mama Dedeh soal KDRT, Warganet Sindir Oki Setiana Dewi

Tak lama setelah ceramah Oki Setiana Dewi viral, beredar video cuplikan khotbah Mamah Dedeh bertema KDRT. Warganet menyindir Oki Setiana Dewi

Liputan6.com, Jakarta Jumat (4/2/2022), nama Mamah Dedeh trending di Twitter. Musababnya ternyata video cuplikan ceramah Mamah Dedeh dengan tema kekerasan dalam rumah tangga alias KDRT.

Video ini viral setelah dibagikan akun Twitter @tubirfess, 3 Februari 2022. Pantauan Showbiz Liputan6.com, Sabtu (5/2/2022) pagi, video ceramah itu disukai lebih dari 21 ribu orang.

 

Dalam video itu, sang ustazah mengingatkan Islam mengamanatkan umatnya tidak mencelakai diri sendiri dan orang lain. Walhasil, warganet menyindir Oki Setiana Dewi yang ceramahnya dianggap mewajarkan KDRT.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hak dengan Tubuh Kita

“Kita punya hak dengan tubuh kita. Sakit saja wajib berobat, ya apa ya? Kalau ada seorang istri (bilang) saya bertahan, biarin digebukin tiap hari Mak,” katanya dalam video itu.

Ditendangin juga biarin, yang penting anak-anak bisa belajar yang benar. Malu sama orang lain. Maaf, sangat-sangat salah,” Mamah Dedeh menambahkan di muka jemaah.

3 dari 5 halaman

Hak Hidup Hak Sehat

Video ini dilansir dari program yang mengudara di Indosiar dan salah satu stasiun televisi swasta. Di situ, Mamah Dedeh mengingatkan hak dasar manusia di antaranya untuk hidup dan sehat.

“Kita sebagai manusia punya hak hidup, hak sehat walafiat, hak tenang. Ya Allah, menderita batin seumur-umur,” imbuhnya. Saat perempuan korban KDRT pasrah saja, itu artinya menghancurkan diri sendiri.

 

4 dari 5 halaman

Jangan Mencelakakan

“Jadi orang itu jangan mencelakai diri sendiri. Jangan mencelakakan orang. Kalau kita digebuk itu tahu bonyok dan tahu digebukin itu adalah sakit, kita diam saja, artinya menghancurkan diri kita sendiri,” ia menyambung.

“Itu salah dalam Islam. Karena dalam Islam kita wajib memelihara kesehatan tubuh. Sakit saja wajib berobat. Digebukin tiap hari lama-lama bonyok,” Mamah Dedeh mengingatkan. Warganet lantas menyindir Oki Setiana Dewi yang sehari sebelumnya panen cibiran.

5 dari 5 halaman

Maaf Lahir Batin

Hallo ustazah oki, yuk main sini,” @vianty*** mencuit. “Nah ini baru bener, gak kayak video sebelah,” @anzen**** menyahut. Oki Setiana Dewi sendiri telah menyampaikan klarifikasi terkait cuplikan video ceramahnya via akun Instagram terverifikasi.

Terimakasih atas perhatian dan kasih sayangnya. Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga. Mohon maaf lahir batin atas kesalahan dalam menyampaikan dan semoga Allah mengampuni saya dalam setiap kesalahan-kesalahan saya,” tulisnya, 4 Februari 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.