Sukses

Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Sineas Se-Indonesia Gabung Festival Film Pendek

Menparekraf Sandi Uno bersama jajarannya menggelar festival film pendek Family Sunday Movie.

Liputan6.com, Jakarta Menparekraf Sandiaga Uno menunjukkan konsistensinya untuk memajukan dunia ekonomi kreatif di Tanah Air. Sebuah gelaran baru pun akan tiba dalam waktu dekat.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) l Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) melalui Direktorat Musik, Film, dan Animasi, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, menyelenggarakan festival film pendek bertajuk Family Sunday Movie (FSM) 2022.

Festival film pendek ini digelar dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya subsektor film.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menjadi Wadah

FSM merupakan bentuk komitmen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengapresiasi, memfasilitasi, memperluas jaringan para sineas, mendukung komunitas film lokal, serta melahirkan generasi baru yang akan menjadi motor penggerak bagi industri kreatif di Indonesia.

Ajang ini sekaligus menjadi wadah bagi para pelaku film di daerah agar bisa menghasilkan karya-karya orisinal yang berkualitas. Sehingga karya mereka memiliki nilai jual dan mampu bersaing di kancah nasional bahkan internasional.

 

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Performa

Melalui FSM, para filmmaker juga bisa belajar mendistribusikan hasil karya yang nantinya akan meningkatkan performa komunitas.

“Mari kita manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya agar menjadi solusi di tengah keterbatasan. Bersama kita berkreasi, menciptakan karya-karya hebat, dan bermanfaat supaya lapangan kerja bisa terbuka untuk masyarakat luas,” ujar Sandiaga Salahuddin Uno.

 

4 dari 6 halaman

Siapa Saja Bisa

Nah, siapapun kamu, pelajar, mahasiswa, komunitas film, dan anak muda kreatif di seluruh Indonesia bisa mengikuti ajang ini dengan syarat sutradara, produser, dan penulis naskah dalam film yang didaftarkan adalah Warga Negara Indonesia atau berdomisili di Indonesia.

Kategori film pendek adalah fiksi atau dokumenter yang pembuatannya dilakukan di Indonesia, bertema apapun selama tidak mengandung unsur SARA.

 

5 dari 6 halaman

Film yang Terpilih Tiap Bulan

Bagi dua film pendek yang terpilih setiap bulannya para sineasnya akan mendapat sertifikat, uang tunai, merchandise, publikasi pada portal media nasional.

Selain itu, mereka yang terpilih juga akan hadir dalam acara Meet & Greet bersama Mas Menteri Sandiaga Uno, pejabat terkait, dan para sineas nasional secara virtual yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

6 dari 6 halaman

Cara Bergabung

Setiap film terpilih secara otomatis akan menjadi nominasi di malam penghargaan FSM yang diadakan pada bulan November mendatang. Jadwal pendaftaran dibuka mulai tanggal 2 sampai 12 Februari 2022.

Segera daftarkan karyamu melalui www.familysundaymovie.com. Jangan lewatkan kesempatan ini, ya! Melalui film pendek jadilah agen perubahan ekonomi kreatif Indonesia. Tunjukan eksistensi, wujudkan mimpi! Karena MAHAKARYA akan selalu menemukan jalannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.