Sukses

Keluhan Aliando Syarief Melawan OCD Ekstrem, Pikiran dan Otak Enggak Sinkron

Aliando Syarief menggambarkan bagaimana OCD ekstrem berdampak besar pada kesehatan dan kariernya. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Aliando Syarief muncul di muka publik dengan pengakuan mengejutkan. Vakum sekitar dua tahun dari dunia showbiz, rupanya bintang film Warkop DKI Reborn berjuang melawan penyakit.

Aliando mengidap Obsessive-Compulsive Disorder alias OCD di level ekstrem. Akibat penyakit ini, sang aktor mengaku tak bisa berbuat apa-apa karena aktivitas syuting maupun rekaman terganggu.

Bintang sinetron Ganteng Ganteng Serigala menumpahkan unek-unek soal OCD ekstrem dalam siaran langsung Instagram, pekan ini. Diunggah ulang akun Intagram terverifikasi Lambe Turah, Aliando viral.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dua Tahun

“Dua tahun kena OCD itu gue enggak bisa ngapa-ngapain dan susah ya untuk dipahami gitu karena gue fokusnya ke mana, enggak sinkron,” keluhnya dalam sebuah cuplikan video.

“Enggak sinkron. Pikiran dan otak itu enggak sinkron. Kemarin harusnya 2019 tuh ada project ya. Tahun 2019, harusnya gue bikin proyek lagu tapi akhirnya batal karena gue OCD,” kata Aliando.

3 dari 5 halaman

Mengacak-acak

Sepintas tampak luar, kondisi fisik aktor kelahiran Jakarta, 26 Oktober 1996 ini baik-baik saja. Padahal OCD ekstrem “mengacak-acak” kemampuan berpikir Aliando Syarief.

Diceritakan Aliando Syarief, saat mengerjakan proyek musik, ada suara yang membisik di sudut pikiran. Suara itu memerintahkannya mengulang pekerjaan. Jika tidak, hal buruk akan terjadi.

4 dari 5 halaman

Gue Disuruh Ngulang

“Tiba-tiba gue lagi main, terus gue disuruh ngulang. Kalau enggak ngulang akan ada yang celaka gitu. Maksud gue, kenapa? Makanya gue enggak…,” ungkapnya tanpa mampu melanjutkan.

Aliando mengaku sejak lama ingin buka suara soal OCD ekstrem yang menimpanya. Namun, ada berbagai pertimbangan yang membuatnya menahan diri untuk sementara. 

5 dari 5 halaman

Gue Lagi Terapi

Dalam sesi Instagram Live, Aliando Syarief sempat mengobrol dengan lawan mainnya di film Pertaruhan, Jefri Nichol. Kepada sahabat, ia mengaku telah menjalani terapi namun belum bisa syuting.

“Gue OCD Chol, enggak bisa (syuting) gue. Gue lagi terapi,” akunya. “Enggak apa-apa, Man. Santai banget, yang penting lo nyaman dulu saja. Yang penting lo sehat-sehat dulu, Li,” Jefri menyemangati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.