Sukses

Tukul Arwana Masih Belum Bisa Bicara, Kini Berkomunikasi Hanya Mengangguk dan Pakai Isyarat Jempol

Begini kondisi Tukul Arwana usai menjalani operasi perdarahan otak.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi terkini Tukul Arwana sejak menjalani operasi perdarahan otak menyita perhatian masyarakat. Saat foto-foto terbarunya diungkap keluarga ke publik, komedian yang karib disapa Tukul itu kebanjiran simpati dan doa.

Tak ada yang menyangka pelawak berusia 58 tahun itu dalam kondisi kurus dan terlihat sulit bicara. Ada pula foto yang menampilkan host One Man Show Indosiar disuapi saat makan. Kondisi ini dirasa menyedihkan bagi masyarakat yang merindukan keceriaan Tukul saat menghibur di televisi.

Soal kondisi Tukul yang masih sulit bicara dibenarkan oleh manajernya, Rizky Kimon. Untuk berkomunikasi dengannya, pihak keluarga dan orang-orang terdekatnya mengandalkan penyampaian secara non verbal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gerakan Tubuh

Kimon membeberkan cara dirinya dan keluarga berkomunikasi dengan Tukul. Cara yang termudah, yakni dengan menggunakan gerakan tubuh sebagai isyarat.

"Komunikasi masih sama, pakai isyarat jempol kalau oke, beliau juga mengangguk," kata Kimon saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

3 dari 5 halaman

Pemahaman Baik

Tukul, seperti diceritakan Kimon, tak mengalami kesulitan meski berinteraksi dengan gerakan tubuh sebagai isyarat. Justru, kata dia, ada hal-hal yang membuatnya menyadari Tukul bisa pulih.

"Setidaknya pemahaman beliau cukup baik," papar sang manajer.

4 dari 5 halaman

Tubuh Kurus

Seperti diketahui, kondisi terkini Tukul sedang menjadi perhatian masyarakat dan warganet di jagat maya. Dari foto dan video yang dibagikan keluarga, Tukul tampak kurus. Tubuhnya tak berisi seperti dulu kala masih aktif membawakan acara dan tampil di berbagai program televisi.

5 dari 5 halaman

Fisioterapi

Untuk memulihkan dirinya dari operasi perdarahan otak, Tukul rutin menjalani fisioterapi dengan pemantauan tim dokter. "Kita jalankan setiap hari terus fisioterapi di klinik yang seminggu tiga kali. Kita jalani alhamdulillah sangat berpengaruh untuk Mas Tukul," ucap Kimon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.