Sukses

Klarifikasi Kemensos RI soal Donasi Rumah untuk Gala Sky yang Digelar Marissya Icha

Pertemuan Marissya Icha dengan pihak Kemensos RI akhirnya digelar daring. Pihak Kemensos menjernihkan sejumlah perkara donasi.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial alias Kemensos RI akhirnya memanggil selebgram Marissya Icha untuk mengklarifikasi donasi untuk Gala Sky Andriansyah. Sebagian hasil donasi untuk beli rumah.

Audiensi Marissya Icha soal bantuan untuk putra Vanessa Angel dilakukan dengan Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Penyidikan Kemensos, Dayat Sutisna, lewat jalur daring.

Dalam kesempatan itu, Marissya Icha memastikan pengumpulan donasi untuk Gala Sky sudah berhenti. Uang telah dialokasikan untuk dua keperluan besar, salah satunya membeli rumah.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sudah Berhenti

“Sudah berhenti,” cetus selebgram dengan 600 ribuan pengikut itu, kami lansir dari video audiensi yang diunggah kanal YouTube Marissya Icha pada Selasa (11/1/2022).

Daya menyebut klarifikasi ini penting untuk memastikan donasi berjalan sesuai hukum yang berlaku dan hasilnya dilaporkan secara transparan. Dayat menyambut hangat iktikad baik Marissya Icha.

3 dari 5 halaman

Via Yayasan

“Berarti tidak ada lagi nanti kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk donasi Gala. Kalau misalkan nanti akan dilanjut melalui yayasan yang nanti, bisa bersama Gala,” ungkapnya.

Dayat Sutisna menjelaskan pengumpulan dana tingkat provinsi dilakukan dengan izin gubernur setempat. Sedangkan, donasi secara daring yang bisa diikuti seluruh masyarakat Indonesia harus mengantongi izin Kemensos RI yang bisa diurus secara gratis.

4 dari 5 halaman

Sudah Selesai

“Secara kegiatan untuk PUB (Pengumpulan Uang dan Barang -red) Gala, sudah selesai karena pengumpulan sudah selesai. Pemanfaatan tinggal menunggu transaksi karena pemilik rumah itu masih di luar negeri,” Dayat memaparkan.

Marissya Icha menyebut pemilik rumah saat ini berada di Singapura. Tanggal 17 Januari 2022, yang bersangkutan akan tiba di Indonesia. Masalahnya, di era pandemi pelaku perjalanan dari luar negeri harus menjalani karantina. 

5 dari 5 halaman

17 dan 27 Januari 2022

“Kemungkinan itu tanggal 17 sudah beli tiket untuk ke Jakarta namun apabila di bandara tidak ada waktu atau tidak bisa ada penandatanganan sebelum masuk karantina, mungkin akan butuh waktu 10 hari lagi untuk karantina,” terang Marissya Icha.

Dayan lalu mengonfirmasi ulang soal hasil donasi. “Pertama untuk beli rumah, kemudian ada yang disisihkan yang 400 juta untuk biaya kebutuhan sehari-hari Gala ya, Mbak,” tanya Dayan Sutisna. “Betul, Pak,” sahut Marissya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.