Sukses

Suryanation: Suara Cahaya Nusantara Sukses Suguhkan Konser Musik Teknologi XR, Pertama di TV Indonesia!

Konser musik bertajuk Suryanation: Suara Cahaya Nusantara sukses menyuguhkan pertunjukkan yang spektakuler.

Liputan6.com, Jakarta Konser musik bertajuk Suryanation: Suara Cahaya Nusantara sukses menyuguhkan pertunjukkan yang spektakuler. Bersatunya energi dari penjuru Nusantara seakan menyalakan Cahaya Indonesia untuk menyongsong tahun baru yang lebih baik.

Memadukan konser musik dengan teknologi Extended Reality (XR), Suryanation: Suara Cahaya Nusantara sekaligus menjadi konser musik pertama di televisi Indonesia yang menggunakan XR full sepanjang konser. Hal itu membuat penonton di rumah bisa merasakan layaknya nonton konser secara langsung.

Sebagai informasi, XR merupakan gabungan dari teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR), yang mencakup seluruh spektrum dari 'nyata' hingga 'virtual'. Kehadiran teknologi ini telah memberikan pengalaman baru bagi para penonton dalam menikmati konser musik.

Lagu-Lagu Nusantara

Suryanation Suara Cahaya Nusantara menghadirkan kolaborasi lintas genre dan generasi para musisi terbaik Indonesia yang diiringi dengan aransemen musik dari Erwin Gutawa Orchestra.

Panggung musik Suryanation dibuka dengan penampilan apik Tiara Andini yang berkolaborasi bersama Alffy Rev dengan medley lagu-lagu nusantara, berjudul Bungong Jeumpa, Jangkrik Genggong, Putri Cening Ayu, Apuse dan Untukmu Indonesiaku. Kolaborasi apik nan legendaris hadir tatkala Iwan Fals tampil ke atas panggung membawakan lagu berjudul Mata Dewa dengan iringan musik Erwin Gutawa Orchestra.

Di segmen selanjutnya, panggung Suryanation: Suara Cahaya Nusantara menampilkan salah satu lagu yang populer di sepanjang tahun 2021 yakni Mendung Tanpo Udan bersama Ndarboy Genk. Disusul penampilan Shine of Black dengan membawakan lagu Jang Ganggu. Kemudian lewat lagu Sabda Alam dan Bahasa Kalbu, Raisa membuat suasana konser musik menjadi lebih hangat dan penuh cinta.

Suasana konser musik kembali meriah dengan penampilan Iwan Fals bersama Syarikat Idola Remaja dan disusul kemudian oleh NOAH yang membawakan dua buah lagu terbaiknya. Seakan belum selesai memberikan kejutan, Suryanation mengawinkan musik orkestra dengan musik EDM dari grup 'Weird Genius' yang digawangi oleh Eka Gustiwana, Reza Oktovian, dan Gerald Liu. Di penghujung konser, seluruh bintang tamu tampil bersama menyanyikan lagu Satu-Satu yang dipopulerkan oleh Iwan Fals dengan aransemen musik spesial Erwin Gutawa Orchestra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Representasi Energi Indonesia

Konser musik Suryanation: Suara Cahaya Nusantara telah merepresentasikan energi Indonesia yang memiliki lebih dari 13 ribu pulau yang terbentang dari barat hingga timur nusantara.

Mengawinkan kekayaan akan budaya serta sumber daya yang tersebar di setiap jengkal Tanah Air. Sehingga mampu melahirkan manusia-manusia kuat yang mampu menaklukan dunia, mencapai berbagai prestasi, dan memberi manfaat bagi sesama.

Ketika energi-energi bangsa ini bersatu maka Indonesia akan mampu menyala lebih terang dari sebelumnya. Suryanation: Suara Cahaya Nusantara benar-benar telah berhasil menghibur para penonton sekaligus memberikan harapan serta cahaya bahwa esok akan lebih baik lagi.

Ingin merasakan kembali keseruan konser musik berteknologi XR, Suryanation: Suara Cahaya Nusantara? Saksikan rerun acaranya yang tayang pada Sabtu, 1 Januari 2022, pukul 21.30-23.00 WIB di TV Nasional.

Ingatlah, selama masih ada Surya yang terbit setiap harinya, energi sang surya akan selalu melahirkan kekuatan, memancarkan keberanian dan menyalakan kehidupan yang baru.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini