Sukses

Ustaz Syam Elmarusy Peduli Kesehatan Mental Masyarakat, Bagikan 2 Tips Raih Ketenangan Jiwa

Ustaz Syam Elmarusy mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan mental khususnya di masa sulit seperti pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Popularitas Ustaz Syam Elmarusy meroket sepanjang tahun ini. Namun populariras tak membuatnya silap mata. Selain terus berdakwah, belakangan ia fokus pada kesehatan mental masyarakat Indonesia.

Maklum, pandemi Covid-19 yang menerjang Indonesia sejak Maret 2020 tak hanya berdampak pada kesehatan fisik. Ustaz dengan 1,6 jutaan pengikut di Instagram ini menyebut psikis masyarakat patut diperhatikan.

Syam Elmarusy berbagi kiat dua langkah mencapai kesehatan mental di tengah wabah. Pertama, mengamalkan surat Ar-Ra'd ayat 28, yang isinya, “Hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang.”

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengingat Allah

“Maksudnya begini, ketika kita mengingat Allah, kita yakin segala yang terjadi itu sudah ditakdirkan Allah SWT. Kita juga yakin, kita manusia punya keterbatasan. Yang tidak punya batasan, hanya Allah. Maka kita diminta untuk mengingat Allah, supaya tenang,” ulasnya.

Kedua, banyak kisah para nabi yang dilapangkan dadanya oleh Allah di Al-Qur'an. Nabi Musa misalnya. “Artinya, kita bisa mencontoh para nabi, dengan mengingat Allah sebelum melakukan sesuatu, berarti kita sudah bersiap,” ustaz Syam Elmarusy menambahkan.

 

3 dari 5 halaman

Gaib dan Psikologi

Dalam sesi wawancara virtual dengan Showbiz Liputan6.com, Kamis (23/12/2021), sang ustaz menyebut selama berdakwah ia mendapati fakta kesadaran umat dalam menjaga kesehatan fisik tinggi. Namun menjaga kesehatan mental, masih kurang.

“Karena orang kita tuh, memang kita harus percaya yang gaib, tapi di Indonesia masih terlalu percaya yang: Wah ini pasti santet, ini pasti guna-guna. Padahal belum tentu, mungkin saja itu kejanggalan (gangguan) psikis,” urai presenter Sore-sore Ambyar.

 

4 dari 5 halaman

Memudahkan Umat Muslim

Syam Elmarusy menyebut, mencapai ketenangan batin dengan mengingat Tuhan kini lebih mudah dilakukan. Kecanggihan teknologi memungkinkan orang mengakses konten rohani via ponsel. Aplikasi Muslim Pro misalnya, ragam fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan umat.

“Ini memudahkan umat Muslim mengingat Tuhan kapan saja di mana saja. Bisa dibilang Muslim Pro ini layaknya sahabat yang menemani kita menjalani kegiatan sehari-hari apalagi di masa penuh tantangan seperti sekarang,” beber ustaz kelahiran Maros, 15 September 1992. 

5 dari 5 halaman

Tahun 2021 dan Pencapaian

Bagi yang punya resolusi menebalkan iman dan takwa pada 2022, ustaz Syam Elmarusy menyebut aplikasi macam Muslim Pro membantu umat lebih mudah mengingat Sang Khalik mulai dari menentukan arah kiblat saat bepergian hingga pengingat waktu salat.

Syam Elmarusy siap menyambut 2022 dengan optimistis seraya mensyukuri 2021 yang segera berakhir. “Tahun 2021 banyak pencapaian yang alhamdulillah sudah diatur Tuhan. Selain karier, pencapaian terbesar saya nikah di tahun 2021,” pungkas Syam Elmarusy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.