KALEIDOSKOP 2021: Drama Korea Paling Hits

Oleh Zulfa Ayu Sundari pada 24 Des 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 24 Des 2021, 18:48 WIB
Squid Game
Perbesar
Sempat jadi polemik, nomor telepon yang bocor di Squid Game justu diincar seorang capres Korea Selatan. (Dok Netflix)

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang 2021, ada banyak sekali drama Korea yang memikat hati penonton di Korea Selatan dan  negara-negara lainnya.

Serial-serial berikut ini tayang perdana dengan rating menjanjikan. Seiring berkembangnya alur cerita, rating pun meningkat secara signifikan, dan menjadi perbincangan hangat.

Tahun ini, Netflix juga memproduksi cukup banyak drama Korea, sehingga dapat menjangkau penonton internasional dengan skala lebih luas.

Squid Game misalnya, serial thriller ini telah mendapat lebih dari 100 juta penonton di seluruh dunia. Pencapaian ini juga membawanya masuk dalam nominasi ajang penghargaan bergengsi, serta melambungkan nama aktor dan aktrisnya.

Berikut adalah judul-judul drakor yang hits sepanjang tahun 2021 yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, berdasarkan urutan rilisnya.


1. Mr Queen

Drama Korea Mr Queen. (tvN via Soompi)
Perbesar
Drama Korea Mr Queen. (tvN via Soompi)

Di awal tayang, serial berlatar belakang kisah kerajaan ini sempat menuai kontroversi. Mr Queen diadaptasi dari web drama China bertajuk Go Princess Go, yang diangkat dari sebuah novel. Penulis novel ini, sempat membuat komentar negatif mengenai Korea di karyanya yang lain.

Hal lain yang dipermasalahkan publik adalah muatan komedi dalam drama ini. Meski ada kalangan yang memahami bahwa genre Mr Queen adalah fantasi-komedi, tapi ada yang berpendapat bahwa hal ini tak seharusnya dilakukan karena karakternya berbasiskan tokoh nyata.

Kendati demikian, seiring bertambahnya episode, drakor ini mulai diminati. Drakor yang dibintangi Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun ini mendapat perolehan rating 8 persen untuk skala nasional menurut Nielson pada episode pertama. Dan berakhir dengan rating 17,3 persen pada episode 20.


2. The Penthouse 2

The Penthouse 2. (SBS via Soompi)
Perbesar
The Penthouse 2. (SBS via Soompi)

The Penthouse 2 mencuri perhatian publik berkat alur cerita yang sulit ditebak. Hal itu terbukti dari perolehan rating drakor yang dibintangi Lee Ji Ah tersebut.

Drakor genre makjang ini juga ramai dibicarakan di media sosial, hingga bertebaran teori-teori yang didiskusikan penonton terkait konflik dalam cerita.

Episode perdana The Penthouse 2 mendapat rating sebesar 16,7 persen pada paruh pertama dan 19,1 persen pada paruh kedua. Drakor ini ditutup dengan rating 25,8 persen pada episode akhir.


3. Vincenzo

Jeon Yeo Been dan Song Joong Ki dalam Vincenzo. (tvN via Soompi)
Perbesar
Jeon Yeo Been dan Song Joong Ki dalam Vincenzo. (tvN via Soompi)

Kualitas akting Song Joong Ki sebagai Vincenzo, si penasihat mafia dan pengacara, mencuri perhatian publik. Dia juga membangun chemistry yang sangat kuat dengan lawan mainnya, Jeon Yeo Bin.

Vincenzo memulai episode perdana dengan rating cukup menjanjikan, yaitu 7,6 persen dan berakhir dengan rating 14,6 persen. Vincenzo juga jadi drama yang paling banyak dibicarakan di Korea Selatan.


4. Taxi Driver

Taxi Driver
Perbesar
[Foto: SBS via Soompi]

Drama ini diperankan oleh Lee Je Hoon (Kim Do Ki) sebagai sopir taksi yang bekerja di bawah perusahaan Rainbow Taxi Company. Perusahaan ini memiliki layanan panggilan balas dendam.

Taxi Driver tayang perdana dengan rating 8,7 persen pada bagian pertama dan 10,7 persen pada bagian kedua. Serial genre thriller action ini tamat dengan rating 15,3 persen.

Berkat kesuksesannya, Taxi Driver akan hadir dengan musim kedua yang tayang pada 2022 mendatang.


5. Hospital Playlist 2

Hospital Playlist 2. (tvN via Instagram/ tvn_drama)
Perbesar
Hospital Playlist 2. (tvN via Instagram/ tvn_drama)

Mengisahkan tentang lima dokter yang bersahabat baik dan menampilkan kehidupan sehari-hari orang-orang di rumah sakit. Kisah yang ringan membuat drama ini begitu diminati.

Episode perdana Hospital Playlist 2 langsung mendapat rating dua digit, yaitu sebesar 10 persen dan berakhir di episode 12 dengan 14 persen.


6. Squid Game

Squid Game. (Netflix)
Perbesar
Squid Game. (Netflix)

Bisa dibilang, Squid Game menjadi drakor paling hits tahun ini. Jalan cerita yang unik dengan konflik yang intens membuat serial original Netflix ini sangat memancing penasaran publik.

Pada pertengahan Oktober 2021 lalu, atau hampir sebulan setelah dirilis, Squid Game telah menjangkau 111 juta penggemar. Squid Game jadi debut terbesar dalam sejarah Netflix. Pencapaian ini mengalahkan Bridgerton dengan 82 juta penonton.

Squid Game juga meraih penghargaan bergengsi seperti The Bingeworthy Show of 2021 dalam People's Choice Awards 2021. Squid Game juga dapat tiga nominasi dalam Golden Globe Awards 2022. Yaitu, Serial Televisi Terbaik Drama, Kedua, Lee Jung Jae dinominasikan dalam Pemeran Utama Pria Serial Televisi Terbaik Drama, dan Oh Yeong Su dinominasikan untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik untuk Serial Televisi, Miniseri, atau FTV.


7. Hometown Cha-Cha-Cha

Hometown Cha-Cha-Cha. (tvN via Instagram/ tvn_drama)
Perbesar
Hometown Cha-Cha-Cha. (tvN via Instagram/ tvn_drama)

Drama komedi romantis Hometown Cha-Cha-Cha adalah salah satu drama paling hits dan ramai dibicarakan di media sosial.

Nama Kim Seon Ho di industri hiburan semakin melambung berkat kepiawaiannya berperan sebagai pria pengangguran serba bisa bernama Kim Doo Shik.

Serial ini dibuka dengan rating 6,8 persen dan diakhiri dengan rating 12,6 persen.


8. Hellbound

Poster Hellbound. (Netflix via Soompi)
Perbesar
Poster Hellbound. (Netflix via Soompi)

Sebelum tayang di Netflix 19 November 2021, serial yang dibintangi Yoo Ah In ini sudah sempat diputar di beberapa festival film internasional.

Tak main-main, Hellbound tayang di Busan International Film, BFI London Film Festival, hingga Toronto International Film Festival.

Hanya sehari setelah dirilis pada 19 November, drama ini naik ke puncak 10 besar global Netflix untuk acara non-English.

Hellbound berkisah tentang kekacauan di Seoul. Sejumlah makhluk misterius muncul, mengutuk dan menyeret orang-orang yang dipilih ke neraka.


9. The Red Sleeve

The Red Sleeve
Perbesar
[Foto: Instagram mbcdrama_now]

Akhir tahun ditutup dengan drama sejarah, The Red Sleeve. Serial tentang kisah cinta Putra Mahkota Yisan dengan pelayan istana Sung Deok Im ini menjadi drama paling banyak dibicarakan di Korea Selatan selama enam minggu berturut-turut.

Hebatnya, The Red Sleeve menjadi drama produksi MBC yang berhasil meraih rating dua digit untuk pertama kalinya sejak tiga tahun terakhir. Drama yang dibintangi Lee Junho 2PM ini tayang perdana dengan rating 5,7 persen, dan meraih 13,3 persen di episode 12. Serial ini masih tayang hingga awal Januari 2022. 

Melihat antusiasme penonton yang begitu tinggi, tim produksi akhirnya menambah satu episode, sehingga memiliki total 17 episode. Penonton penasaran, apakah serial ini akan berakhir dengan bahagia, atau sedih mengikuti sejarah aslinya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya