Sukses

10 Film Indonesia Layak Tunggu 2022: Ada Penyalin Cahaya Peraih 12 Piala Citra dan KKN di Desa Penari

Bioskop mulai menggeliat seiring relaksasi PPKM pada trimester kedua 2021. Sejumlah film Indonesia unggulan pun siap tayang pada 2022. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2022 menjanjikan harapan gilang gemilang bagi film Indonesia. Pasalnya, sejumlah film calon box office hingga level festival siap tayang. Penyalin Cahaya yang memborong 12 Piala Citra siap hadir pada 13 Januari 2022.

Setelah tertunda 2 tahun akibat pandemi Covid-19, KKN Di Desa Penari konon siap menjadikan Februari 2022 sebagai bulan penuh teror. Kabar lain yang kami dengar, Pengabdi Setan 2 mengintai tahun depan.

Namun kepada Showbiz Liputan6.com via telepon, Jumat (24/12/2021), produser Rapi Film, Sunnil Samtani mengonfirmasi, “Belum ada fix kabar, akan saya kabari segera.” Kaleidoskop 2021 kali ini menampilkan proyeksi 10 film Indonesia layak tunggu 2022.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Cinta Pertama Kedua dan Ketiga

Gina S. Noer membuat gebrakan tak terlupakan lewat Dua Garis Biru yang menyedot 2,5 juta penonton. Selain sukses di tangga box office, film yang melahirkan “duet maut” Adhisty Zara dan Angga Yunanda ini membawa pulang dua Piala Citra.

Kini, Gina S. Noer membawa sang aktor ke level berikutnya, lewat Cinta Pertama Kedua dan Ketiga. Akting Angga Yunanda akan diadu dengan Putri Marino, Ira Wibowo, dan legenda hidup Slamet Rahardjo. Film ini siap membius penonton pada 6 Januari 2021.

 

3 dari 11 halaman

2. Penyalin Cahaya

Wregas Bhanuteja bikin huru-hara FFI 2021 karena karyanya, Penyalin Cahaya “merampok” selusin Piala Citra termasuk Film dan Sutradara Terbaik. Pencapaian ini menumbangkan rekor film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak yang “hanya” menang sepuluh.

Penyalin Cahaya mengisahkan Suryani (Shenina Cinnamon) yang mengalami pelecehan seksual setelah menghadiri pesta Teater Matahari. Relevan dengan wajah masyarakat saat ini dengan alur yang bikin deg-degan, buktikan kedahsyatan Penyalin Cahaya 13 Januari 2021.

 

4 dari 11 halaman

3. Dear Nathan Thank You Salma

 

Pada 2017, Dear Nathan meledak di bioskop meski jumlah penontonnya tak sampai sejuta. Ia lantas disebut raksasa kecil. Lewat karya sineas Kuntz Agus ini, pasangan Jefri Nichol dan Amanda Rawles jadi primadona generasi Instagram. Sekuelnya, ditonton 900 ribuan orang.

Kini, saatnya Anda tahu akhir perjalanan Nathan dan Salma dalam Dear Nathan: Thank You Salma. Dijadwalkan tayang 13 Januari 2021, penggemar militan Nathan dan Salma bersiap menyambut kedatangan sejoli ini.

 

5 dari 11 halaman

4. Just Mom

Jeihan Angga dibahas publik setelah karya perdananya, Mekkah I’m Coming memborong 5 Piala Maya 2021 termasuk Film Terbaik. Judul yang sama juga menang tiga penghargaan di Festival Film Tempo. Wajar jika karya Jeihan Angga berikutnya dinanti publik.

Ndilalah, Just Mom yang dijadwalkan tayang 22 Januari 2022 mempertemukan sang sineas dengan diva layar perak Christine Hakim. Tayang perdana di Jogja-NETPAC Asian Film Festival dan banjir pujian, Just Mom patut ditunggu Januari 2022.

 

6 dari 11 halaman

5. Ashiap Man

Jargon ashiap yang dikumandangkan Atta Halilintar kini jadi ucapan serius lantaran dibawa ke layar lebar dengan genre superhero dan aksi. Trailer filmnya sudah bikin geger YouTube pada Agustus 2020.

Selain sang YouTuber yang jadi pemeran utama sekaligus sutradara, daya tarik film ini tentu saja Aurel Hermansyah, Rizky Billar, dan Nasya Marcella. Akibat pandemi Covid-19, jadwal rilis Ashiap Man mundur ke 3 Februari 2021.

 

7 dari 11 halaman

6. KKN Di Desa Penari

Korban pandemi Covid-19 lainnya adalah KKN Di Desa Penari karya sineas Awi Suryadi yang melambung berkat waralaba Danur. Dari Maret 2019, film yang diangkat dari kisah viral jagat maya ini dijadwalkan meneror penonton pada Februari 2021.

Film ini diperkuat Tissa Biani, Ahmad Megantara, hingga Calvin Jeremy. Premisnya bermula dari enam mahasiswa yakni Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu yang menjalani Kuliah Kerja Nyata di sebuah desa tak biasa.

 

8 dari 11 halaman

7. Mencuri Raden Saleh

Mendengar judulnya saja, kita penasaran. Apalagi setelah menilik barisan pemainnya yakni Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, hingga Ari Irham. Karya Angga Dwimas Sasongko ini konon dijadwalkan rilis 2022. Laman IMDb pun menyebut 2022 sebagai tahun rilis film ini.

Beberapa bulan sebelumnya, lewat akun Instagram, film Mencuri Raden Saleh mengulas lukisan mahakarya Raden Saleh yakni Penangkapan Pangeran Diponegoro yang membingkai perjanjian gencatan senjata Perang Jawa tahun 1830 yang diakhiri pengkhianatan Belanda.

 

9 dari 11 halaman

8. Miracle in Cell No. 7

 

Proses syuting dilakukan awal 2020 dan dijadwalkan menggebrak bioskop pada tahun yang sama. Apes, pandemi Covid-19 memporakporandakan bioskop. Walhasil, karya sineas Hanung Bramantyo yang dinaungi Falcon Pictures ini mengendap cukup lama.

Kabar terbaru yang kami dengar, Miracle in Cell No. 7 yang diadaptasi dari film box office Korea Selatan tahun 2013 ini akan tayang 2022. Film ini dibintangi Vino G. Bastian, Indro Warkop, Mawar de Jongh, dan Denny Sumargo. Menjanjikan sekali, bukan?

 

10 dari 11 halaman

9. Buya Hamka

Dua rumah produksi dengan banyak rekam jejak box office, Starvision Plus dan Falcon Pictures, memproduksi film biografi Buya Hamka. Fajar Bustomi yang mencetak box office lewat Dilan 1990 dan sekuelnya dipercaya menahkodai film ini.

Barisan pemainnya pun enggak kaleng-kaleng, dari Vino G. Bastian hingga Laudya Cynthia Bella. Konon, film ini dipecah jadi tiga jilid. Proses editing, tata musik, dan grading warna telah selesai. Laman IMDb menyebut, Buya Hamka akan tayang 2022. Kita lihat saja.

 

11 dari 11 halaman

10. Petualangan Sherina 2

 

Penantian 21 tahun para penggemar Petualangan Sherina akan berakhir tahun depan. Sherina Munaf dan Derby Romero sepakat bertualang lagi bersama sutradara Riri Riza. Mestinya, Petualangan Sherina 2 syuting pertengahan tahun ini namun batal akibat pandemi Covid-19.

Dikonfirmasi Liputan6.com via telepon, Kamis (23/12/2021), Mira Lesmana memproyeksikan Petualangan Sherina 2 tayang akhir 2022. “Diusahakan syuting Mei atau Juni dan tayang akhir tahun tapi belum berani konfirmasi, tergantung dampak Omicron seperti apa,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.