Sukses

KALEIDOSKOP 2021: 10 Sinetron Indonesia Paling Hit

Program drama seri lokal atau sinetron masih mendominasi perolehan rating acara televisi. Berikut 10 judul sinetron paling populer sepanjang tahun 2021

Liputan6.com, Jakarta Program drama seri lokal atau sinetron, masih menjadi primadona industri TV nasional sepanjang tahun 2021. Parameter paling jelas, peringkat 10 besar rating acara TV selalu didominasi oleh program sinetron. Genre drama percintaan dan keluarga masih mendominasi. 

Sejak tahun 2007, sinetron Indonesia tayang stripping atau harian. Sistem tayang setiap hari, membuat artis dan kru dituntut untuk bekerja serba cepat. Namun ini tak menghalangi sineas sinetron memberikan terobosan baik dari segi cerita, lokasi syuting hingga memakai pemain baru.

Regenerasi pemain mulai terasa di tahun 2021. Pemain utama tak lagi diisi oleh artis yang itu-itu saja. Beberapa artis yang biasanya menjadi peran 'penggembira' hingga yang belum pernah main sinetron harian, dipercaya jadi pemeran utama. Hasilnya pun cukup ciamik. Berikut kami rangkum 10 sinetron paling hit tahun 2021.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Ikatan Cinta

Pertumbuhan platform streaming yang pesat dalam dua tahun terakhir, tidak lantas membuat peminat sinetron berpaling. Hal ini terlihat dari pencapaian rating Ikatan Cinta, yang berhasil memecahkan rekor jumlah penonton yang selama 11 tahun dipegang Cinta Fitri.

Ikatan Cinta mengisahkan perjuangan Andin (Amanda Manopo) yang menata hidup setelah bebas dari penjara atas kejahatan yang tidak pernah dilakukannya. Penulis cukup piawai mengulur terbongkarnya pelaku kejahatan sesungguhnya hingga hampir satu tahun. Ikatan Cinta juga mendongkrak dua artis yang sebelumnya jarang tersorot; Arya Saloka dan Glenca Chysara. Adegan manis antara Amanda dan Arya, serta ekspresi licik Glenca menjadi senjata ampuh Ikatan Cinta mengikat menonton.

Pencapaian rating dan share Ikatan Cinta yang jauh di atas program lain, membuatnya mendapat Rekor MURI pada 1 April 2021 untuk kategori sinetron yang meraih daily audience share di atas 40% selama 100 hari berturut-turut. Desember ini, Ikatan Cinta telah menembus 500 episode dan masih memuncaki rating.

3 dari 11 halaman

Dari Jendela SMP

Tak terasa Dari Jendela SMP telah diproduksi selama 1,5 tahun. Kisah cinta manis antara Joko (Rey Bong) dan Wulan (Sandrinna Michelle) yang dimulai di bangku SMP, tahun ini berlanjut ke SMA. Joko mendapat saingan bernama Damar (Emyr Razan) yang tertarik pada Wulan. Ada pula sosok Raquel (Flavio Zaviera), kakak kelas yang iri melihat popularitas Wulan.

Selain romansa remaja, konflik para orangtua kian memikat. Terlebih dengan munculnya artis era 90-an macam Hikmal Abrar, Alvin Adam dan Koming. Momen meninggalnya Lukman (Umar Lubis), ayah Wulan, menjadi salah satu episode yang emosional.

Selain pemain baru, Dari Jendela SMP juga jeli mengangkat momen tertentu. Sebut saja upacara peringatan kemerdekaan RI hingga pesta kostum Halloween. Sinetron produksi SinemArt ini terpilih sebagai Sinetron Paling Ngetop dalam ajang SCTV Awards 2021 dan Desember ini telah menembus 700 episode.

4 dari 11 halaman

Amanah Wali 5

Sinetron Amanah Wali sejatinya hanya muncul saat Ramadan. Tapi sejak musim keempat pada tahun 2020, sinetron ini tayang setiap hari. Personel band Wali yaitu Apoy, Faank, Ovie dan Tomy berperan sebagai pemuda dengan masa lalu yang buruk. Mereka berubah jadi lebih baik, dan berusaha menyebarkan dakwah pada orang sekitarnya.

Pada musim kelima, konflik bermula saat Tomi menyelamatkan Lela (Salshabilla Adriani) yang diserang preman bernama Digo (Alfie Alfandy). Perseteruan dan kisah cinta pun muncul akibat kejadian ini.

Tayang sejak April 2021, Amanah Wali 5 stabil di peringkat tiga besar rating acara televisi. Pada 7 Agustus 2021, sinetron komedi-religi ini mencetak rekor audience share tembus 41 persen dengan rating 7,9. Tak hanya sukses meraup penonton, sinetron ini juga terpilih sebagai Sinetron Terpuji dalam ajang Festival Film Bandung 2021.

 

5 dari 11 halaman

Buku Harian Seorang Istri

Sebuah insiden membuat Nana (Zoe Abbas Jackson) dan Dewa (Cinta Brian) yang tak saling kenal terpaksa menikah. Menjalani rumah tangga tanpa cinta, Nana bertahan menghadapi perlakuan dingin suaminya. Seiring berjalannya waktu, benih cinta pun tumbuh di antara keduanya.

Pemain muda dan fresh menjadi magnet tersendiri Buku Harian Seorang Istri. Cinta Brian, Antonio Blanco Jr, Callista Arum, Asha Assuncao hingga Mahdy Reza berhasil menghidupkan karakter masing-masing. Makin gereget dengan hadirnya artis senior seperti Dian Nitami dan Meriam Bellina.

Tayang sejak Januari 2021, sinetron SinemArt ini tak terjebak dalam satu konflik terlalu lama. Selain selalu inovatif dalam menyajikan konflik baru, karakter baru yang dibintangi pemain terkenal pun dihadirkan, seperti Haico Van Der Veken dan Rangga Azof. Bulan Desember 2021, Buku Harian Seorang Istri berhasil menembus 500 episode.

6 dari 11 halaman

Preman Pensiun 5

Tahun 2021, sinetron bergenre drama komedi ini memasuki musim kelima. Tayang hanya pada bulan Ramadan, Preman Pensiun 5 menjadi acara yang paling banyak ditonton di jam sahur.

Tercatat, Preman Pensiun 5 tercatat pernah meraih share 37,3%. Tanpa pemain bintang, sinetron ini mengandalkan dialog yang lucu serta pemain yang ekspresif.

Preman Pensiun 5 bercerita tentang Kang Mus (Epy Kusnandar) yang berniat mewariskan bisnis kecimpring pada Ujang (Fajar Hidayatullah). Karena bingung cara mengelola usaha, Ujang dibantu oleh Serena (Kiki Kinanti). Diam-diam Serena menaruh hati pada Ujang, tanpa tahu pria itu sudah menikah dan punya anak.

7 dari 11 halaman

Mega Series Suara Hati Istri: Anjani

Menikah karena dijodohkan orangtua, awalnya kehidupan Anjani (Andi Annisa) dan Ammar (Panji Saputra) tidak harmonis. Saat keduanya mulai saling cinta, muncul kembaran wanita yang pernah disia-siakan Ammar berniat balas dendam.

Panji Saputra terlihat konsisten membawakan karakter sebagai pria yang tegas dan dingin. Sementara Andi Annisa, membawakan dengan apik karakter wanita yang tertindas namun tetap tegar.

Mega Series Suara Hati Istri: Anjani menjadi sinetron terpanjang di Indosiar tahun ini dengan jumlah 103 episode. Bumbu ketegangan dan adegan yang bikin baper membuat penonton terpikat pada sinetron garapan Mega Kreasi Films.

8 dari 11 halaman

Terpaksa Menikahi Tuan Muda

Jika beberapa sinetron memasang wajah segar sebagai pemeran utama, Terpaksa Menikahi Tuan Muda justru menampilkan bintang FTV dan sinetron yang lama vakum, Alisia Rininta. Ia dipasangkan dengan Christ Laurent, yang setahun lebih rehat dari aktivitas syuting.

Kinanti (Alisia) menggantikan posisi adik tirinya, Sarah (Elina Joerg) yang kabur saat hari pernikahan dengan Abhimana (Christ). Abhi melampiaskan dendamnya pada Sarah ke Kinanti. Abhi awalnya tak pernah menganggap kehadiran Kinanti. Namun kesabaran Kinanti perlahan meluluhkan pertahanan Abhi.

Sinetron yang telah diproduksi lebih dari 130 episode ini cukup populer. Stasiun TV penayangnya mengklaim Terpaksa Menikahi Tuan Muda sempat menjadi sinetron nomor 1 di slot tayangnya untuk wilayah non-Jabodetabek.

9 dari 11 halaman

Para Pencari Tuhan Jilid 14

Telah diproduksi selama 14 tahun, Para Pencari Tuhan tidak pernah gagal memberikan kejutan. Pada musim ini, Bang Jack (Deddy Mizwar) dikisahkan jadi artis sinetron. Niat awalnya ingin menyebarkan dakwah lebih luas. Namun ia merasa jadi artis tak seindah bayangannya.

Selain cerita yang kuat, sejumlah bintang muda seperti Syakir Daulay, Yasamin Jasem dan Betari Ayu berbakat turut memberi kesegaran pada sinetron garapan Demi Gisela Citra Sinema. Sinetron ini terpilih sebagai Drama Seri Terbaik versi Anugerah KPI 2021, mengalahkan Ikatan Cinta.

 

10 dari 11 halaman

Bismillah Cinta

Tema berani diusung sinetron Ramadan Indosiar tahun ini, Mega Series Bismillah Cinta. Mengisahkan tentang Raihan, ustaz muda yang jatuh hati pada seorang gadis pemandu karaoke bernama Jannah.

Tentu hal ini ditentang keluarga Raihan, terutama ibu kandungnya. Kedatangan Raihan ke tempat karaoke pun membuatnya jadi gunjingan warga. Jannah sendiri sebenarnya terpaksa bekerja di tempat hiburan malam lantaran ditekan oleh ibunya.

Diperankan oleh pasutri dalam dunia nyata, Ali Syakieb dan Margin Wieherm, Bismillah Cinta cukup mencuri perhatian saat tayang pada bulan Ramadan lalu. Akting antagonis Firstriana Aldila sebagai Mawar juga berhasil bikin penonton kesal. Lagu tema yang dibawakan Ungu dan Lesti Kejora membuat sinetron ini makin asyik ditonton.

11 dari 11 halaman

Love Story The Series

Cerita cinta ala Romeo dan Juliet menjadi ide dasar Love Story The Series. Ken (Giorgino Abraham) dan Maudy (Yasmin Napper) harus berjuang keras demi cinta mereka.

Ayah Ken, Wilantara (Fathir Muchtar) dan Argadana (Anjasmara) ayah Maudy saling menyimpan dendam akibat tragedi di masa lalu. Perjuangan Ken dan Maudy mempertahankan cinta dan meyakinkan ayah mereka sukses mengundang simpati pemirsa.

Sosok Yasmin Napper yang baru pertama main sinetron membuat Love Story The Series terasa fresh. Baru pertama dipasangkan, Yasmin dan Giorgino Abraham mampu menampilkan chemistry yang ciamik. Kisah sampingan sinetron ini juga berhasil mencuri perhatian dan mempunyai penggemar sendiri.

Sebut saja Esta Pramanita dan Valentino Peter yang memerankan Vanessa dan Rama. Juga kehadiran Achmad Megantara, yang membuatnya meraih piala SCTV Awards 2021 kategori Aktor Pendamping Paling Ngetop. Desember ini, Love Story The Series telah menembus 400 episode.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.