Sukses

3 Doa yang Mengingatkan Anak untuk Membahagiakan Orangtua di Hari Ibu

Tak hanya sekedar kata-kata puitis yang dibuat untuk orangtua di Hari Ibu. Dalam Islam, Allah sudah mengingatkan manusia untuk membahagiakan orangtua khususnya ibu.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 22 Desember jadi momen yang penting bagi masyarakat Indonesia karena merayakan Hari Ibu. Tak sedikit yang ingin memberikan ucapan yang bermakna untuk orangtua mereka.

Tak hanya kata-kata puitis yang bisa diberikan untuk orangtua. Namun, anak juga harus tahu cara membahagiakan orangtua khususnya sang ibunda.

Beberapa petikan doa dari ayat-ayat suci Al-Quran berikut ini menjadi pengingatkan kita untuk membahagiakan orangtua. Berikut rangkuman Liputan6.com, Rabu (22/12/2021).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Surat Lukman Ayat 14

Wa waṣṣainal-insāna biwālidaīh, ḥamalat-hu ummuhụ wahnan 'alā wahniw wa fiṣāluhụ fī 'āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-maṣīr

Artinya:

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

3 dari 4 halaman

2. Surat Maryam Ayat 32

Wa barram biwālidatī wa lam yaj’alnī jabbāran syaqiyyā

Artinya:

Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.

4 dari 4 halaman

3. Surat Al-Ahqaf Ayat 15

Wa waṣṣainal-insāna biwālidaihi iḥsānā, ḥamalat-hu ummuhụ kurhaw wa waḍa'at-hu kurhā, wa ḥamluhụ wa fiṣāluhụ ṡalāṡụna syahrā, ḥattā iżā balaga asyuddahụ wa balaga arba'īna sanatang qāla rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn Terjemah

Artinya:

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • Doa untuk orangtua adalah doa yang dipanjatkan anak-anaknya untuk kedua orang tuanya, baik yang masih hidup atau yang sudah meninggal dunia

    Doa Orangtua

  • Adalah

  • doa

  • orangtua