Sukses

Film Dokumenter YAMIN Mengisahkan Sosok Pahlawan Nasional yang Mencetuskan Ikrar Sumpah Pemuda

Film dokumenter YAMIN ditayangkan pada 25 Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah film dokumenter animasi yang menceritakan sosok pahlawan nasional yang mencetuskan ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 resmi diluncurkan ke masyarakat. Film dokumenter itu berjudul YAMIN

Kepala Museum Sumpah Pemuda Titik Umi Kurniawati mengatakan, film ini berkisah mengenai cerita Mohammad Yamin atau dikenal dengan sebutan M Yamin.

"Film dokumentar berjudul YAMIN mengisahkan tentang sosok Mohammad Yamin seorang pahlawan nasional yang merumuskan ikrar Sumpah Pemuda. Dari film ini, kita bisa belajar bahwa mencintai Indonesia adalah mencintai bahasa dan budayanya," kata Titik melalui keterangan tertulis yang diterima Jumat (24/12/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Produksi

Titik menjelaskan, proses produksi film dokumenter ini dilakukan di Yogyakarta dan Jakarta dengan durasi waktu selama tiga bulan, dari proses pra produksi, produksi, sampai pasca produksi. 

"Film dokumenter menjadi media yang efektif untuk mendokumentasikan serta membagikan informasi dan pengetahuan kepada khalayak luas," Titik melanjutkan.

 

3 dari 4 halaman

Indonesiana

Museum Sumpah Pemuda, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, memiliki visi pemajuan kebudayaan, yaitu Indonesia Bahagia berlandaskan keanekaragaman budaya yang mencerdaskan, mendamaikan, dan menyejahterakan.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, Kemendikbudristek menghadirkan kanal media khusus budaya yang dinamakan Indonesiana.

 

 

4 dari 4 halaman

Tayang 25 Desember 2021

"Kanal media ini bertujuan untuk mewadahi, mengintegrasikan, serta mempromosikan karya dan ekspresi budaya masyarakat Indonesia," ujar Titik.

 

Film dokumenter YAMIN ditayangkan pada Sabtu, 25 November 2021 Pukul 18.45 WIB di indonesiana TV. Kanal ini dapat diakses melalui www.indonesiana.tv, IndiHome channel 200 (SD) dan channel 961 (HD), serta OTT Platform antara lain UseeTv Go dan UseeTV.com.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.