Sukses

Irfan Hakim Kaget Punya ART yang Sering Umrah dan Pergi Haji 2 Kali

Dari Syekh Ahmad Al Misri, Irfan Hakim mengetahui seputar pengalaman spiritual ART-nya yang akrab disapa bibi.

Liputan6.com, Jakarta Irfan Hakim belum lama ini terkejut mengetahui salah satu fakta terkait sang asisten rumah tangga (ART) yang cukup lama bekerja dengannya.

ART yang memiliki sapaan Bibi itu, rupanya memiliki pengalaman mencengangkan seputar ibadah umrah di Tanah Suci Makkah, serta kiprahnya selama berada di sejumlah kota di Arab Saudi.

Mengintip satu video di kanal YouTube deHakims yang memiliki judul awal "KAGET..!!!", terlihat Irfan Hakim menyambut tamunya, Syekh Ahmad Al Misri. Dari Syekh, Irfan baru tahu pengalaman spiritual ART-nya.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lancar Berbahasa Arab

Ketika Bibi membawakan minuman kepada Syekh Ahmad, Irfan lantas menjelaskan bahwa ART-nya itu bisa berbahasa Arab. Keduanya pun langsung bercakap-cakap.

"Si bibi ini, bahasa Arabnya lancar banget," kata Irfan Hakim dalam video yang diunggah belum lama ini.

3 dari 6 halaman

Sejak Usia 20 Tahun

Dalam percakapannya, Bibi mengatakan kepada syekh bahwa ia sudah bekerja sejak usia 20 tahun di Arab Saudi. Sejumlah kota pun pernah disinggahinya.

"Dari usia 20 tahun, beliau sudah ke Saudi. Beliau sudah kerja di Dammam, kota di sana, terus Riyadh. Itu luar biasa. Di Riyadh dulu, kemudian pindah ke Dammam, balik lagi ke Riyadh," Syekh Ahmad mengatakan.

4 dari 6 halaman

Umroh dan Naik Haji

Selain itu, ART Irfan Hakim membeberkan kepada syekh bahwa ia sudah banyak menjalani umrah dan dua kali ibadah haji. "Berapa kali umrah? Nah, sudah 10 kali umrah beliau. Dua kali haji," Syekh Ahmad menyampaikan.

5 dari 6 halaman

Reaksi Kaget

Irfan Hakim justru seperti baru mengetahui hal itu. Ia malah terkejut mendengar pengakuan Bibi kepada Syekh. Irfan juga mengakui pernah menyuruh anak-anaknya belajar bahasa Arab kepada Bibi.

"Oh, masyaallah! Ibu haji? Jadi ibu ini sudah kerja dua tahun di sini dan ngomong bahasa Arabnya memang lancar. Anak-anak itu sering, 'Ayo belajar bahasa Arab sama Bibi, saya bilang begitu'," Irfan menyampaikan.

 

6 dari 6 halaman

Betah di Arab Saudi

Syekh Ahmad juga menyampaikan bahwa Bibi merasa betah di Arab Saudi lantaran sering bertemu dengan orang-orang yang baik.

"Beliau hidup di sana. Kata dia, baik-baik saja, enggak bikin masalah dan enggak bikin apa. Beliau sampai puluhan tahun di sana, enggak balik ke Indonesia. Sudah puluhan tahun. Artinya beliau merasa nyaman," Syekh Ahmad mengatakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.