Sukses

5 Film Chen Sung Young, Aktor Taiwan yang Wariskan Rp 1 Miliar untuk TKW Indonesia

Nama bintang film Taiwan Chen Sung Young pun belum lama ini menjadi sorotan publik Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Chen Sung Young, aktor senior yang kiprahnya sudah sangat lama di dunia perfilman Taiwan, dikabarkan meninggal dunia dalam usia 80 tahun pada 17 Desember 2021 lalu.

Nama Chen Sung Young pun belum lama ini menjadi sorotan publik Tanah Air lantaran sebelum meninggal dunia, ia mewariskan hartanya berupa emas permata senilai 1,2 juta dolar Taiwan atau senilai Rp 620 juta.

Harta tersebut diberikan sang bintang film Mandarin kepada Yuli, perawatnya yang berasal dari Indonesia. Alhasil, Yuli pun menggunakannya untuk membeli tanah dan memulai usaha di kampung halamannya.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Melawan Banyak Penyakit

Diwartakan SET News, Chen Sung Young meninggal dunia pukul 3:07 sore di RS Taoyuan Chang-Gung Memorial, Distrik Guishan. Selama beberapa tahun terakhir, ia memang diketahui berjuang melawan sejumlah penyakit.

Focus Taiwan mewartakan bahwa Chen Sung Young mengalami beragam masalah kesehatan selama bertahun-tahun. Mulai dari stroke pada 2006, diikuti dengan diabetes, sakit ginjal, dan penglihatan yang terganggu.

Taiwan News juga mencatat ia menderita tukak lambung pada 2009, juga jatuh dan mengalami edema paru pada 2016.

 

3 dari 8 halaman

Banyak Film

Semasa hidupnya, aktor yang diketahui belum menikah ini telah berkiprah di sejumlah film Taiwan. Beberapa filmnya bahkan menjadi mahakarya terbaik negerinya. Apa saja itu? Berikut deretannya.

 

4 dari 8 halaman

1. City of Sadness

Film yang rilis pada 1989 ini menyorot sejarah pada 1940-an ketika sejumlah orang Taiwan menjadi korban pemerintahan Kuomintang setelah mereka hengkang dari China.

Film ini menang Golden Lion di Venice Film Festival serta dua penghargaan di Golden Horse Film Festival 1989.

Dalam film yang dibintangi Tony Leung ini, Chen berperan sebagai seorang kakak tertua yang bekerja sebagai pemilik restoran dan perusahaan perdagangan.

 

5 dari 8 halaman

2. The Dull Ice Flower

The Dull Ice Flower dirilis pada 1989 dan mengambil kisah dari novel berjudul sama yang menyorot masyarakat Taiwan di era 1950-an dan awal 1960. Film ini menang dua penghargaan di ajang Golden Horse Film Festival ke-26.

 

6 dari 8 halaman

3. Dust of Angels

Dirilis pada 1992, film yang berkisah tentang lika-liku dunia kriminal di Taiwan ini berhasil ditayangkan di Directors' Fortnight di Cannes Film Festival 1992. Chen memerankan salah seorang karakter pendukung.

 

7 dari 8 halaman

4. Fong Sai-yuk

Dibintangi Jet Li, Fong Sai-yuk merupakan salah satu film Chen yang menjadi hit di box office sejumlah negara, terutama di Hong Kong. Dalam film yang rilis pada 1993 ini, Chen bermain sebagai karakter bernama Tiger Lui.

Di Hong Kong Film Award, sutradara film ini, Corey Yuen memenangkan kategori Best Action Choreography di Hong Kong Film Awards ke-13. Film ini juga menang di Golden Horse Awards 1993.

 

8 dari 8 halaman

5. Gorgeous

Gorgeous juga menjadi salah satu film terbaik Chen Sung Young yang memerankan sosok seorang ayah dari karakter wanita yang dibintangi Shu Qi.

Bisa dibilang ini adalah film bertabur bintang pada masanya. Pasalnya, film ini dibintangi Jackie Chan, Tony Leung, Stephen Chow, dan juga Daniel Wu.

Selain itu, berkat film ini, Jackie Chan sempat dinominasikan di Golden Horse Award ke-36 dan Hong Kong Film Awards ke-19 meskipun tak menang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.