Sukses

Emmy Tobing dan Deretan Musikus Tampil di Bedah Musik Kebangsaan Universitas Sumatera Utara

BPIP mengundang Emmy Tobing dan sejumlah musikus untu tampil di Bedah Musik Kebangsaan di Universitas Sumatera Utara untuk menyosialisasikan nilai Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta Emmy Tobing dan deretan artis musik tampil di kegiatan Bedah Musik Kebangsaan dalam rangka Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasil yang digelar pada 14 Desember 2021 di Universitas Sumatera Utara, Medan.

Dalam acara yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini, Emmy Tobing membawakan lagu "Garuda". Terdapat juga Awing Membawakan lagu "Bangun Pemudi Pemuda", serta Conrad Good Vibration membawakan "Rayuan Pulau Kelapa". Turut tampil juga Slag Band membawakan lagu "Dari Sabang Sampai Merauke".

Sebagai penutup, satu lagu karya Pay, Rustam, dan Irang yang berjudul "Indonesia Rumah Kita" dibawakan oleh seluruh artis pendukung acara ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dasar Pemikiran

Dasar pemikiran dari kegatan ini adalah bahwa musik merupakan instrumen universal yang sangat efektif dijadikan alat penyampaian pesan, bahkan lebih dari itu, musik juga diyakini dapat menjadi media untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kepada pendengarnya.

Pelaksana kegiatan ini adalah BPIP selaku inisiator program bekerja sama dengan Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care. Kolaborasi antara Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care telah menelurkan satu album musik bertema kebangsaan berjudul Nyanyian Rumah Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care

Sinergy for Indonesia adalah komunitas anak muda yang fokus dalam gerakan membangunsemangat kebangsaan. Komunitas ini diinisiasi oleh Ahmad Doli Kurnia Tandjung yang jugamerupakan produser eksekutif sekaligus penulis lirik salah satu lagu yang ada dalam album "Nyanyian Rumah Indonesia".

Indonesia Care adalah satu gerakan sosial yang dimotori oleh artis musik, pekerja seni danpraktisi dari berbagai bidang yang memiliki satu visi bersama untuk peduli dengan kondisi kebangsaan.

Salah satu inisiator Indonesia Care adalah Pay Burman yang dikenal sebagai gitaris band BIP danproduser musik yang telah menciptakan banyak sekali karya musik hits di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Rincian Kegiatan

Kegiatan di Universitas Sumatera Utara dihadiri oleh:

1. Wakil Kepala BPIP, Prof. DR. Hariyono, M.PD

2. Ketua Komisi II DPR RI, Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si., M.T.

3. Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi Dan Jaringan BPIP, Ir.Prakoso, M.M

4. Rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. Muryanto Amin, S.Sos.,M.Si.

5. Ketua Program Studi Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara, Dra.Rithaony Hutajulu, M.A.

Kegiatan dilangsungkan dengan format seminar hybrid dengan mengundang 50 orang partisipan secara langsung dan 500 orang secara daring. Protokol kesehatan Covid-19 diberlakukan dengan disiplin.

Sebelumnya, kegiatan serupa dilaksanakan di UI, Unpad, Untirta, IPB University dan Universitas Lampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini