Sukses

4 Fakta Seputar Wali Kota Bandung Oded M Danial yang Meninggal Sebelum Salat Jumat

Sebelum meninggal dunia, Wali Kota Bandung Oded M Danial dijadwalkan mengisi khutbah di salah satu masjid.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia pada Jumat (10/12/2021). Sebelumnya, Oded sempat pingsan saat menjalani salat sunnah di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung.

Bahkan, seharusnya almarhum Mang Oded mengisi khutbah di masjid tersebut. Sang wali kota meninggal dunia saat sedang dibawa ke Rumah Sakit Muhammadiyah yang jaraknya tak terlalu jauh dari masjid.

Kabar ini tentunya mengundang kesedihan dari berbagai pihak. Mulai dari rekannya di Partai Keadilan Sejahtera, pejabat lain, sampai sejumlah selebritas Tanah Air.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pribadi Seorang Oded

Di sisi lain, terdapat sejumlah fakta menarik seputar almarhum Oded M Danial yang mungkin rasanya layak untuk diketahui kembali. Apa sajakah itu? Berikut deretannya.

 

3 dari 6 halaman

1. Punya Media Sosial

Mang Oded memiliki akun media sosial yang kerap menjadi sorotan masyarakat dan figur publik lain. Sebelum meninggal dunia, ia sempat menyoroti kasus pelecehan seksual terhadap belasan santriwati.

"Super extra pelayanan sudah kami terapkan kepada para korban, menjaga dan melindungi psikologis korban, selain karena empati juga supaya jadi jaminan korban bisa melewati trauma yang sama sekali tidak kita inginkan," tulis almarhum di Instagram, dikutip pada Jumat (10/12/2021).

"أستغفر الله العظيم, Mari kita beristighfar bersama-sama terkait pemberitaan yang memang betul adanya," lanjutnya.

"Proses hukum kepada terdakwa terus dan sedang berlanjut, harapan kita semua sama semoga mendapatkan keputusan seadil-adilnya karena perbuatan HW yang keji telah menciderai nilai sosial, agama bahkan kemanusiaan," katanya.

 

4 dari 6 halaman

2. Dikagumi Sejumlah Selebritas

Sebagai seorang Wali Kota, Mang Oded tentu memiliki kharisma tersendiri yang membuatnya dikagumi banyak orang termasuk para selebrita Tanah Air. Bahkan, Sahrul Gunawan pernah mengingat nasihat yang disampaikan Mang Oded.

"Jadilah seperti serigala, bukan singa si raja hutan. Serigala selalu bersama serigala lain sehingga ditakuti oleh seluruh penghuni hutan, daripada jadi singa namun hanya sebatas menjadi "singa sirkus"," lanjutnya.

 

5 dari 6 halaman

3. Peduli Rakyat Kecil

Menjabat sebagai walikota, tentu kepedulian terhadap rakyat menjadi prioritas. Mang Oded pun begitu, bahkan ia pernah terang-terangan menyuarakan kepeduliannya terhadap rakyat kecil.

Dalam acara Global Land Forum (GLF) 2018 yang diselenggarakan di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Oded M Danial mengungkapkan dukungannya terhadap upaya-upaya konkret memberikan keadilan hak atas tanah kepada rakyat.

Oded percaya bahwa komitmen yang baik dan kuat itu bisa bermanfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

 

6 dari 6 halaman

4. Sayang Keluarga

Selain itu, Mang Oded juga dikenal sebagai pribadi yang sangat sayang kepada keluarga. Pada saat istri, anak, dan menantunya positif Covid-19 pada Juni lalu, almarhum yang sebelumnya juga sempat positif, langsung memberikan fasilitas terbaik kepada keluarganya itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.