Sukses

Irfan Hakim Ungkap Alasan Asisten Lesti Kejora dan Rizky Billar Masukkan Kura-Kura Sulcata ke Kolam Renang Hingga Tuai Kecaman

Irfan Hakim kemudian mengimbau kepada para pecinta hewan yang merasa memiliki pengetahuan lebih, untuk berbagi pengetahuannya dengan cara yang baik. Bukan malah menghujat mereka yang baru memulai memelihara dan menjadi pecinta hewan.

Liputan6.com, Jakarta Nama Rizky Billar dan Lesti Kejora sempat menjadi perbincangan di media sosial. Gara-garanya adalah beredar video yang menunjukkan dua ekor kura-kura jenis Sulcata dimasukkan ke kolam renang.

Dari masalah tersebut, nama Irfan Hakim ikut terseret. Bahkan ada yang menuding bahwa Irfan Hakim bukanlah seorang pecinta hewan, melainkan hanya kolektor.

Terkait masalah ini, Irfan Hakim tak tinggal diam. Ia membuat sebuah video di kanal YouTube Dehakims pada Kamis (9/12/2021).

Dalam videonya itu, Irfan Hakim sedikit menceritakan tentang pengalamannya dalam merawat dan memelihara kura-kura Sulcata. Ia juga menunjukkan sebuah potongan video yang pernah ia unggah, berisi tips untuk merendam kura-kura Sulcata dari seorang dokter di Surabaya.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembelaan

Adapun untuk alasan tim Lesti dan Billar yang memasukkan kura-kura ke kolam renang, Irfan Hakim memberikan pembelaan bahwa hal tersebut dilakukan murni atas dasar kurang informasi.

"Maksudnya untuk merendam kura-kuranya, tapi sayangnya mungkin karena informasinya tidak terlalu lengkap akhirnya mereka menganggap ya udah (direndam) di kolam renang, mereka lebih bebas," jelas Irfan Hakim.

"Tidak menyalahkan mereka, karena mereka mungkin secara ilmunya kurang walaupun saya sudah memberikan ilmu dasarnya. Gak apa-apa, itupun sebetulnya yang membahayakan karena di kolam renang, takutnya ada kaporitnya dll.," tambahnya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Mengingatkan

Melalui video itu juga, Irfan Hakim kemudian mengimbau kepada para pecinta hewan yang merasa memiliki pengetahuan lebih, untuk berbagi pengetahuannya dengan cara yang baik. Bukan malah menghujat mereka yang baru memulai memelihara dan menjadi pecinta hewan.

"Kita sebagai pecinta hewan, ingatkan. Mengedukasi, tapi jangan sampai menghujat dll. Karena apa yang kita tahu banyak, belum tahu orang lain tahu, begitupun sebaliknya. Jadi saling mengingatkan saja," kata Irfan Hakim.

 

4 dari 4 halaman

Bantahan

Di deskripsi video tersebut, Irfan Hakim juga memberikan bantahan terhadap tudingan bahwa dirinya berada di lokasi saat tim Leslar memasukkan kura-kura tersebut ke kolam renang.

"disini gue coba menjelaskan apa yang terjadi dengan kura-kura Sulcata Leslar yang tidak lain adalah dari gue gaess.. Tapi sebelumnya, waktu di rumah Leslar, gue sudah kasih info dasar tentang merawat kura-kura Sulcata. namun, kita tidak boleh menyalahkan Leslar, karena memang bukan Leslar yang cemplungin kura-kura tersebut, melainkan dari tim Leslar," tulis Irfan Hakim.

"Dan kejadian tersebut terjadi di tanggal 6 Desember gaes. Itu berarti tidak ada gue disana, jika ada pihak yang menyatakan gue ada disana, tidaklah mungkin.. karena memang guw berkunjung kerumah beliau adalah di tanggal 5 Desember," sambung Irfan Hakim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.