Sukses

Jussie Smollett Dinyatakan Bersalah Bikin Laporan Polisi Palsu soal Kejahatan Bermotif Kebencian

Jussie Smollett dituduh membayar orang untuk membuat hoaks penganiayaan. Ia mengaku memberi duit untuk latihan fitness.

Liputan6.com, Los Angeles - Juri di Pengadilan Cook County, Illinois, Amerika Serikat, akhirnya mengeluarkan putusan bersalah untuk aktor Jussie Smollet. Ia dinyatakan bersalah dalam lima dari enam dakwaan karena membuat laporan polisi palsu.

Aktor Empire ini dinyatakan tak bersalah dalam dakwaan keenam, yakni soal laporan palsu bahwa dia menjadi korban pemukulan, diwartakan E! News, Jumat (10/12/2021).

Nenye Uche, kuasa hukum sang aktor Hollywood, mengungkapkan rasa tidak setuju atas keputusan juri. Ia berkata di depan wartawan setelah persidangan, "Keputusannya tak konsisten. Anda tak bisa berkata Jussie berbohong dan Jussie tak berbohong dalam insiden yang sama," kata dia.

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

100 Persen Percaya Diri

Karena itu, pihak Jussie Smollett segara tegas menyatakan akan mengambil langkah banding. "Kami 100 persen percaya diri akan memenangkan kasus ini dalam banding," kata Nenye Uche.

Ia menambahkan, "Ini bukan rute yang kami inginkan, tapi terkadang inilah rute yang harus diambil untuk menang--terutama dalam kasus di mana kami 100 persen yakin bahwa klien kami tak bersalah."

3 dari 5 halaman

Serangan Fisik dan Hinaan

Seperti diketahui, kasus ini bermula pada awal 2019, saat Jussie Smollet mengaku mendapat penganiayaan. Tak hanya serangan fisik, kata aktor 39 tahun ini, ia juga menerima hinaan yang bersifat rasial dan homofobia.

Namun, polisi menyebut bahwa penganiayaan ini justru didalangi sang aktor sendiri.

4 dari 5 halaman

Ditangkap Polisi

Februari 2019, Jussie Smollett akhirnya ditangkap polisi atas dugaan memberikan laporan palsu. Dalam konferensi persnya, Kepala Kepolisian Chicago marah karena Jussie Smollett mencoba mencari perhatian dengan memanfaatkan isu rasial.

Polisi juga menyebut bahwa mereka menemukan kopi dari cek senilai US$ 3.500. Cek ini digunakan Jussie Smollett untuk membayar adik beradik Abimbola dan Olabinjo Osundairo untuk bersandiwara menganiayanya.

5 dari 5 halaman

Serangan Palsu atau Latihan Fitness?

Di pengadilan, pihak Jussie Smollet membantah keras tuduhan ini. Di pengadilan, Abimbola dan Olabinjo Osundairo mengaku uang yang mereka terima untuk membuat serangan palsu. Sementara sang aktor menyebut ia membayar Abimbola untuk latihan dan konsultasi fitness.

Saat bersaksi di pengadilan, Jussie Smollett sempat ditanya apakah ia merencanakan rekayasa ini. Jussie Smollett menjawab, "Tak pernah sepanjang hidupku."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.