Sukses

Artis Kawakan: Mat Solar, Si Bajuri yang Harus Berjuang Melawan Stroke di Masa Tua

Bila kita menelusuri kiprahnya, Mat Solar yang dikenal sebagai Bajuri sudah terbilang kawakan dalam hal akting.

Liputan6.com, Jakarta Mat Solar menjadi satu dari sekian banyak komedian yang namanya terangkat sejak tampil di drama komedi situasi. Sosok pria kelahiran Jakarta, 4 Desember 1962 ini melekat sebagai karakter Ahmad Bajuri dalam sinetron Bajaj Bajuri.

Namun bila kita menelusuri kiprahnya, Mat Solar sudah terbilang kawakan dalam hal akting. Pada era 1980-an ia sudah terjun bermain film Tanah Air. Kiprah pemilik nama Nasrullah ini juga dimulai dari dunia teater.

Maka tak heran bila seorang Mat Solar mampu menghidupkan karakter Bajuri yang cenderung blak-blakan dan disukai masyarakat. Sampai-sampai, banyak orang yang lebih mengenalnya sebagai karakter tersebut ketimbang memanggil dengan namanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Layak Disorot

Melihat kariernya yang membuatnya dikenal banyak orang, layaklah jika Mat Solar kembali mendapat sorotan. Terlebih lagi, suami Ida Nurlaela ini sempat mendulang apresiasi di dunia akting.

Selain itu, Mat Solar juga serius dalam menempuh pendidikannya. Sayangnya, kini kondisi kesehatannya sedang menurun. Bahkan di usia yang sedang menuju senja, sang aktor terserang stroke.

Melansir berbagai sumber, berikut jejak kehidupan dan karier Mat Solar sejak dahulu hingga sekarang.

 

 

3 dari 11 halaman

Sejak Remaja

Karier berakting Mat Solar dimulai sejak remaja, tepatnya pada tahun 1978. kala itu ia kerap mengisi acara TVRI sebagai pemeran utama bersama teater komedi Betawi bernama Teater Mama hingga tahun 1982.

Di sela-sela kegiatannya bermain teater, Mat Solar tampil dalam film pertamanya pada 1981 yang berjudul Mendung Tak Selamanya Kelabu.

 

4 dari 11 halaman

Tampil Bersama Warkop DKI

Lalu pada tahun yang sama, Mat Solar tampil dalam film yang dibintangi Warkop DKI berjudul Setan Kredit. Tahun berikutnya setelah tak aktif di TVRI, Mat Solar tampil dalam film Dongkrak Antik yang cukup fenomenal.

Dalam film Dongkrak Antik, Mat Solar tampil dominan di banyak adegan. Namanya pun masuk dalam deretan bintang pendukung utama.

 

5 dari 11 halaman

Era 1990-an

Pada tahun 1990, Mat Solar sempat tampil kembali bersama Teater Mama untuk mengisi acara di TVRI. Sayangnya, acara tersebut tak bertahan lama, membuat ayah tiga anak ini tak muncul lagi di layar kaca atau layar lebar.

Pada tahun yang sama, Mat Solar juga melanjutkan kiprahnya di dunia radio yang pernah dilakoninya pada tahun 1986 dengan menjadi manajer produksi di Bens Radio.

Pada tahun 1996, namanya kembali muncul dalam daftar pemain sinetron berjudul Senggal Senggol.

 

6 dari 11 halaman

Kesuksesan Bajaj Bajuri

Pada tahun 2002, Mat Solar kebagian menjadi karakter utama di sinetron komedi situasi Bajaj Bajuri. Ia memerankan Ahmad Bajuri, seorang sopir bajaj yang kesehariannya selalu mengundang tawa.

Selain Mat Solar, sinetron ini juga turut melambungkan nama-nama pemeran lain seperti Rieke Diah Pitaloka, Nani Wijaya, Fanny Fadillah, serta nama-nama lain yang karakternya memiliki watak unik.

 

7 dari 11 halaman

Usai Bajuri Tamat

Bajaj Bajuri yang sudah memiliki lebih dari 1200 episode, diakhiri pada 2007 dan sempat memiliki sebuah film yang ditayangkan pada tahun 2014 silam.

Dari situlah Mat Solar mulai tampil di berbagai sinetron dan acara televisi seperti Sorga Di Bawah Telapak Kaki Ibu, Raja Sawer, Bang Jagur, Si Entong 2, Luv, dan Tukang Bubur Naik Haji the Series.

 

8 dari 11 halaman

Film Lain dan Nominasi

Setelah tak lagi tampil sebagai Bajuri, Mat Solar juga sempat bermain dalam film era 2000-an berjudul Wakil Rakyat yang dirilis pada 2009 silam. Di film ini, ia hanya tampil sebagai pemain pendukung.

Dedikasinya di dunia akting mendapat apresiasi di Festival Film Bandung 2013 dengan masuk dalam nominasi Pemeran Utama Pria Terpuji Serial Televisi untuk Tukang Bubur Naik Haji the Series. Sayangnya, ia tak meraih piala.

 

9 dari 11 halaman

Pendidikan dan Keluarga

Mat Solar memiliki keseriusan yang tinggi di dunia pendidikan. Ia merupakan lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia selama 10 sejak 1983 hingga 1987.

Di kehidupan pribadinya, Mat Solar menikah dengan Ida Nurlela dan memiliki tiga anak yang masing-masing bernama Idham Aulia, Mikhail Ali Sidqi, dan Haidar Rasyad.

 

10 dari 11 halaman

Kondisi Kesehatan

Kabar terbaru, Mat Solar kini terserang penyakit stroke otak kanan dan penyakit gula. Kondisinya ini mencuat sejak tahun 2018 lalu. Kala itu, beredar sebuah video Mat Solar di kursi roda sedang menjalani terapi stroke dari seorang anggota TNI.

Penampilan Mat Solar dengan kursi roda kembali terlihat ketika ia berfoto di wisuda putranya, Mikhail Ali Shidqi, yang berkuliah di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Saat dikunjungi wartawan di kediamannya pada 2018 silam, Mat Solar sempat berbicara soal penyakitnya. Salah satu kalimat yang diucapkannya adalah permohonan maaf.

"Satu hal yang pengin saya sampaikan. Saya mau minta maaf. Selama saya menjadi public figure kalau ada yang enggak berkenan, maafkan saya," ucap Mat Solar di kawasan Bambu Apus, Tanggerang Selatan, September 2018.

 

11 dari 11 halaman

Patut Diapresiasi

Meskipun kondisi kesehatan Mat Solar hingga kini masih belum bisa dianggap membaik, namun keluarga terutama sang istri selalu setia mendampingi.

Begitu pula seperti kita tadi menelusuri kiprahnya di dunia akting. Mat Solar adalah salah satu figur aktor kawakan yang patut diapresiasi dan layak mendapatkan penghargaan lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini