Musisi Idang Rasjidi Dirawat di Rumah Sakit Akibat Komplikasi Diabetes Hingga Pengapuran Punggung

Oleh Wayan Diananto pada 03 Des 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 03 Des 2021, 08:30 WIB
Idang Rasjidi.
Perbesar
Musisi Idang Rasjidi mengalami komplikasi dari diabetes melitus hingga asam urat. (Foto: Instagram @jilly_likumahuwa)

Liputan6.com, Jakarta Lama tak terdengar kabarnya, musisi jaz senior Idang Rasjidi kini dilarikan di rumah sakit. Ia dirawat intensif akibat sejumlah komplikasi penyakit dari diabetes melitus hingga pengapuran punggung.

Kabar ini disampaikan salah satu kerabatnya, Jilly Likumahuwa lewat akun Instagram, Kamis (2/12/2021). Mengunggah dua foto Idang Rasjidi terbaring di ranjang rumah sakit, Jilly memberi penjelasan.

Pertama, ia berterima kasih kepada masyarakat yang mendoakan Idang Rasjidi agar lekas pulih dari komplikasi. Jilly Likumahuwa lantas membagikan catatan medis terkait kesehatan pemilik album Heaven and Earth.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mirip Benny Likumahuwa

[Bintang] Idang Rasjidi
Perbesar
Ramadan Jazz Festival (Galih W. Satria/bintang.com)

Jadi sakitnya Paps Idang Rasjidi memang bener-bener komplikasi sekali. Sangat-sangat mirip dengan sahabatnya Alm. Benny Likumahuwa hanya saja catatan komplikasinya Paps Idang Rasjidi seperti ini,” tulis Jilly Likumahuwa.

Menilik unggahan sebelumnya, diketahui Idang Rasjidi dirawat di Rumah Sakit Azra Bogor Jawa Barat. Ia merinci setidaknya ada enam penyakit yang tengah dilawan sang musisi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6 Penyakit

[Bintang] Idang Rasjidi
Perbesar
Ramadan Jazz Festival (Galih W. Satria/bintang.com)

1. Diabetes melitus /gula basah (Benny Likumahuwa gula kering) 2. albumin /protein darah kurang 3. lekosit kurang 4. asam urat 5. ginjalnya juga kena, tapi msih dijaga supaya jangan sampai cuci darah,” Jilly Likumahuwa merinci.

Terakhir, Idang Rasjidi didiagnosis mengalami pengapuran di punggung karena selama ini tidurnya duduk. Sejumlah perawatan medis telah ditempuh musisi kelahiran Pangkalpinang, 26 April 1958 itu. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Albumin dan Leukosit

idang-rasjidi-piano-121126b.jpg
Perbesar
Idang Rasjidi.

Karena albumin dan lekositnya sangat kurang, maka akan ditransfusikan dua kantung darah A+ untuk membuat keduanya normal dan mmenuhi syarat untuk diambil tindakan amputasi,” Jilly Likumahuwa memaparkan.

Jilly Likumahuwa menjelaskan, tindakan amputansi akan ditempuh untuk mencegah menjalarnya gula yang berpotensi menggerogoti tubuhnya. “Karena sudah bolong di bawah kelingking kaki kirinya,” imbuhnya. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tindakan Amputasi

Idang Rasjidi.
Perbesar
Idang Rasjidi. (Foto: Instagram @jilly_likumahuwa)

Tindakan amputansi ditunda jika jumlah albumin dan leukosit masih kurang meski telah menempuh tranfusi darah. Kini semua makanan yang diasup Idang Rasjidi mesti ditakar dan diberikan pada jam yang tepat.

Jilly Likumahuwa juga mengabarkan, Idang Rasjidi belum boleh ditengok karena harus banyak istirahat. Ia mengimbau masyarakat terus mendoakan untuk kesembuhan Idang Rasjidi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya