Sukses

Nagita Slavina Sempat Ingin Lahiran Normal Sebelum Akhirnya Putuskan Bersalin dengan Metode ERACS

Yang membedakan ERACS dengan operasi caesar biasa adalah metode operasi caesar ini memberikan proses perawatan dan penyembuhan lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina semakin bertambah dengan kehadiran buah hati keduanya, Rayyanza Malik Ahmad. Nagita melahirkan putra keduanya pada Jumat (26/11/2021) di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat.

Nagita Slavina bersalin dengan operasi caesar. Namun, yang membuat publik penasaran adalah proses pemulihan yang begitu cepat dari mulai operasi, hingga Nagita Slavina bisa kembali berkegiatan seperti biasa.

Nagita Slavina ditemani Raffi Ahmad kemudian menceritakan proses persalinan saat melahirkan Rayyanza Malik Ahmad.

  

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses

"Alhamdulillah kemarin tuh masuk tanggal 25 hari Kamis sore, persiapan dulu, cek darah dan lain-lain dulu. Terus tanggal 26 paginya dari jam 4 udah mulai siap-siap, beres-beres. Jam 6 kita turun ke ruang operasi," cerita Nagita Slavina saat menggelar konferensi pers secara virtual.

"Pokoknya jam 07.36 itu lahirlah Rayyanza Malik Ahmad," timpal Raffi Ahmad.

3 dari 4 halaman

Sempat Ingin Normal

Sebelumnya, Nagita Slavina sempat memiliki keinginan untuk mencoba melahirkan secara normal. Namun, hal itu urung dilakukan karena pertimbangan situasi pandemi.

"Memang kalau yang pertama kan penginnya normal, jadinya caesar. Yang kedua juga tadinya pengin cobain normal lagi. Tapi karena pandemi pasti lebih banyak pertimbangannya. Lebih riweuh persiapannya," ujarnya.

4 dari 4 halaman

ERACS

Barulah kemudian ia ditawarkan metode baru dalam operasi caesar yang dikenal sebagai ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery). Yang membedakan dengan operasi caesar biasa adalah metode operasi caesar ini memberikan proses perawatan dan penyembuhan lebih cepat. Bahkan, beberapa jam setelah operasi, Nagita Slavina sudah bisa berkegiatan.

"Pas kemarin dikasih tau ada metode terbaru ada ERACS ini alhamdulillah dipermudah. Ya udah enggak apa-apa kenapa enggak gitu dicoba. Alhamdulillah jam 7 operasi, jam 10 udah balik ke kamar. Udah duduk, udah makan," jelas Nagita Slavina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.