Sukses

6 Fakta Ayah Bibi Andriansyah Cabut Permohonan Perwalian Hak Asuh Gala Sky, Salah Satunya Belum Sepakat dengan Doddy Sudrajat

Sidang perkara permohonan perwalian hak asuh Gala Sky Andriansyah sudah digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Faisal, ayah Bibi Andriansyah dan Doddy Sudrajat, ayah Vanessa Angel, bertemu dalam sidang perdana permohonan hak asuh Gala Sky Andriansyah, Selasa (30/11/2021). Artinya, proses permohonan perwalian atas anak Bibi dan Vanessa resmi bergulir di meja hijau.

Humas Pengadilan Agama Jakarta Barat, Drs. H. Soleman, M.H. mengatakan, selain mediasi, Faisal harus menghadapi sejumlah tahapan sidang di pengadilan. “Jadi Haji Faisal itu mengajukan permohonan perwalian, otomatis dia membuat surat permohonan," kata Soleman seperti dilansir dari video interviu di kanal YouTube Cumicumi, Rabu (24/11/2021).

"Surat permohonan itu berisi posita dan petitum. Petitum itu adalah permohonan dia,” Soleman melanjutkan. Namun agenda sidang perdana permohonan hak asuh Gala Sky tak jadi digelar.

Penyebabnya, Faisal memilih mencabut permohonan perwalian hak asuh yang dilayangkannya ke PA Jakarta Barat. Berikut, 6 fakta ayah Bibi Andriansyah memilih untuk mencabut permohonan perwalian seperti dirangkum Liputan6.com, Selasa (30/11/2021).  

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tak Sepakat dengan Doddy Sudrajat

Doddy Sudrajat menyatakan tidak sepakat dengan permohonan hak perwalian atas Gala Sky Andriansyah dan memilih mencabut permohonannya. Oleh karena tidak menemui kesepakatan, permohonan perwalian atas Gala Sky Andriansyah tidak dapat dilanjutkan.

 

3 dari 7 halaman

2. Masalah Permohonan Selesai

"Sidang pertama tadi pak Doddy hadir, Pak Haji (Faisal) hadir. Karena bentuk kemarin adalah permohonan, kalau dua-duanya disepakati, lanjut. Tapi karena pak Doddy keberatan, beliau tadi hadir dalam sidang. Oleh karena itu, permohonan yang diajukan dinyatakan dicabut. Dan sudah ditetapkan permohonan tersebut sudah selesai," kata tim kuasa hukum H Faisal.

 

4 dari 7 halaman

3. Gugatan Baru

Kendati demikian, pihak ayah Bibi Andriansyah dalam waktu dekat akan kembali mengajukan gugatan baru kepada Doddy Sudrajat terkait hak asuh Gala Sky.

"Jadi perwalian anak next dalam waktu dekat kita akan ajukan berbentuk gugatan, dengan penggugat dari keluarga Pak Haji, dan tergugat adalah pak Doddy. Itu dari kita. Nanti akan disampaikan mengenai pendaftaran gugatannya dalam waktu dekat," sambungnya.

 

5 dari 7 halaman

4. Bukan Mengalah kepada Doddy

Adapun untuk alasan mencabut permohonan itu, tim kuasa hukum Faisal menekankan bahwa kendati mencabut permohonan perwalian, bukan berarti pihaknya mengalah dan tidak memperjuangkan hak asuh.

Pasalnya, jika tetap melanjutkan permohonan, pihak majelis hakim tentu tidak akan mengabulkan karena ada satu pihak yang tidak sepakat.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Soal Gugatan Baru

"Saya takut nanti ada kesalahan bicara jadi miss understanding. Beliau (ayah Bibi Andriansyah) bukan mengalah, jadi dalam sidang tadi pak Doddy mencabut masalah perwalian, yang dari awal ketika kita memberikan pernyataan waktu itu," kuasa hukum Faisal menjelaskan.

"Permohonan itu dua orang yang mengajukan, tapi hari ini beliau mencabut. Oleh karena itu Pak Haji juga legowo mencabut sekalian, jadi nanti kita ajukan kembali gugatan tanpa melibatkan Pak Doddy," jelasnya.

 

7 dari 7 halaman

6. Jalur Musyawarah

Namun sebelum gugatan itu dilayangkan, pihak Faisal tetap akan mengedepankan jalur musyawarah. Jika dalam upaya tersebut tetap tidak menemukan titik terang, maka pihak Faisal baru akan melayangkan gugatan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.