Sukses

6 Artis yang Pernah Berperan Jadi Guru di Film Indonesia, dari Cut Mini hingga Dian Sastrowardoyo

Sejumlah artis papan atas pernah bermain sebagai guru dalam film nasional

Liputan6.com, Jakarta - Pada 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional di Indonesia. Ini menjadi penghargaan terhadap guru di Tanah Air.

Seperti diketahui, 25 November bertepatan dengan hari jadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Penetapan 25 November sebagai Hari Guru Nasional terjadi pada tahun 1994, ketika Soeharto menjabat sebagai presiden.

 

Sejumlah artis Indonesia pernah memerankan guru dalam film layar lebar. Berikut 6 artis yang pernah berperan sebagai guru dalam film nasional dirangkum Showbiz Liputan6.com, Kamis (25/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Cut Mini

Diangkat dari novel laris karya Andrea Hirata berjudul sama, film Laskar Pelangi yang rilis pada 2008 sukses merajai tangga box office film nasional kala itu. Salah satu karakter yang menonjol adalah Muslimah, ibu guru yang mengajar anak-anak Laskar Pelangi.

Cut Mini memerankan dengan apik sosok ibu guru yang bijaksana, berhati lembut dan bersahaja. Karakter ini terilhami dari sosok nyata, seorang guru yang pernah mengajar Andrea Hirata.  

 

3 dari 7 halaman

2. Donny Alamsyah

Aktor yang lekat dengan film laga pernah menjajal peran berbeda di film Negeri 5 Menara. Dalam film yang rilis 2012 lalu, Donny memerankan tokoh Salman, seorang Ustaz yang mengajar di pesantren.

4 dari 7 halaman

3. Laudya Cynthia Bella

Aktris kelahiran 24 Februari 1988 ini identik dengan peran di sinetron dan film drama percintaan atau rumah tangga. Namun pada 2016, ia keluar dari zona nyaman lewat film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara.

Film ini mengisahkan seorang guru beragama Islam yang ditempatkan di Timor Tengah Utara, di mana mayoritas penduduknya menganut agama Kristen.

5 dari 7 halaman

4. Prisia Nasution

Peraih Piala Citra, Prisia Nasution, menjadi pemeran utama film Sokola Rimba. Film yang rilis tahun 2013 diangkat dari kisah nyata Butet Manurung, seorang aktivis dan antropolog yang mendedikasikan waktunya mengajar baca tulis anak-anak masyarakat suku anak dalam. Akting Prisia sebagai Butet menuai pujian.

6 dari 7 halaman

5. Reza Rahadian

Aktor serba bisa Reza Rahadian pernah menjadi guru dalam film biopic berjudul Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Film karya sutradara Garin Nugroho dibuat berdasarkan perjalanan hidup H.O.S Cokroaminoto, pahlawan nasional yang menjadi guru presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

7 dari 7 halaman

6. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo pernah berperan sebagai guru dalam film Guru-Guru Gokil. Memerankan guru kimia bernama Nirmala, Dian tampil 'jelek' dengan wajah berminyak dan berjerawat. Hal ini disesuaikan dengan peran Nirmala yang sedang hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.