Sukses

Teuku Wisnu Bantu Pegiat UMKM Bertahan di Masa Pandemi

Teuku Wisnu membantu pegiat UMKM untuk bisa berjualan.

Liputan6.com, Jakarta Aktor Teuku Wisnu diketahui fokus dalam menjalankan aktifitasnya di luar dunia entertainment. Selain menjalani beberapa bisnis, suami Shireen Sungkar ini juga membantu pegiat UMKM untuk bertahan di masa pandemi Covid-19.

Bagi Teuku Wisnu, pegiat UMKM merupakan salah satu faktor penting sebagai penggerak perekonomian nasional. Bahkan, Teuku Wisnu menganggap para pegiat UMKM sebagai Pahlawan bangsa.

"Yang paling kuat menghadapi pandemi itu UMKM menurut saya, dia bisa bergerak lebih lincah. Masukannya memang harus banyak yang dipikirkan soal efisiensi cost. Ketika pendapatan normal dalam sebulan misalnya bisa sampai 50 juta dan saat pandemi penurunannya bisa sampai 50 persen, itu pengeluarannya kalau bisa jangan terlalu besar. Ada beberapa cara, harus komunikasi sama karyawan untuk misalnya ngurangin gaji dulu," ujar Teuku Wisnu saat peluncuran aplikasi RumaTani di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Pribadi

Ayah tiga orang anak itu lantas berkisah salah satu bisnis oleh-olehnya di kota Malang yang ikut terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, setiap pengusaha harus memiliki cara untuk mengatasi setiap masalah yang muncul, termasuk kesulitan menghadapi situasi pandemi Covid-19.

"Saya ketika lockdown di Malang, dulunya kami tidak jual online, dengan kondisi gitu kami jualan online untuk cashflow kita, jemput bola istilahnya. Kolaborasi juga penting, makanya perlu sinergi ini penting untuk mensupport UMKM," papar Wisnu.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan

Maka dari itu, ketika diminta untuk menjadi pembicara dalam peluncuran aplikasi RumaTani yang memang fokus untuk mengembangkan pelaku UMKM, Teuku Wisnu pun antusias. Baginya, dukungan RumaTani merupakan salah satu angin segar untuk para pelaku UMKM keluar dari masa sulit pandemi Covid-19.

"Saya bersyukur RumaTni berkomitmen untuk support UMKM, khususnya rumah makan dan warung-warung. Kita untuk ekseskusi sesuatu biasanya tidak didampingi dan nggak ada modal juga, bahkan ini dipromoin. Jadi kita kalau mau buka usaha itu udah paket lengkap tuh, dimodalin, diajarin dan didampingin dan dipromoin, itu penting banget. Promo adalah salah satu budget yang harus disiapkan dan itu nggak kecil," kata Teuku Wisnu.

 

4 dari 4 halaman

UMKM

RumaTani sendiri merupakan aplikasi e-grocery yang dirilis untuk melayani pelaku UMKM, khususnya warung dalam memperoleh dan melengkapi kebutuhan suplai bahan baku. Salah satu fasilitas yang ditawarkan untuk membantu pelaku UMKM ialah program Warjali (Warung Jaya Kembali) yang mencakup pelatihan softskill maupun hardskill untuk para pebisnis, promosi gratis yang melibatkan influencer, hingga pemberian modal berupa bahan baku.

"Kita punya keinginan mewadahi mereka biat bangkit dari pandemi ini. Kita punya aplikasi utk bisa memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari untuk membantu setiap warung bangkit kembali. Kami yakin kebangkitan Indonesia dimulai dengan kebangkitan warung-warung UMKM yang menggerakkan roda perekonomian nasional," kata Edwin Rahmat selaku CEO RumaTani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.