Sukses

Nirina Zubir Bongkar Perannya di Film Paranoia, Beda Jauh dari Watak Asli

Mendapat karakter dengan watak yang belum pernah dimainkan sebelumnya di film Paranoia, Nirina Zubir antusias.

Liputan6.com, Jakarta Nirina Zubir kini tengah gencar mempromosikan film baru yang ia bintangi, Paranoia. Di situ, istri dari Ernest Fardiyan Syarif tampil memerankan seorang wanita dengan gangguan psikologis bernama Dina.

Mendapat karakter dengan watak yang belum pernah dimainkan sebelumnya, Nirina Zubir antusias. Ditambah, pihak yang menawarinya adalah dua sineas kawakan yang sudah lama didambakan untuk bekerjasama, yakni Mira Lesmana dan Riri Riza.

Para pemain seperti Lukman Sardi dan Nicholas Saputra pun membuatnya merasa sayang bila proyek ini dilewatkan. Tak hanya itu. Karakter Dina dalam film Paranoia juga memiliki watak yang sangat jauh berbeda dari sifat asli Nirina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menggali Rasa

Dalam Intimate Interview di Live Instagram Liputan6.com yang dibawakan host Telni Rusmitantri, Jumat (12/11/2021) sore, Nirina Zubir awalnya menyampaikan hal-hal apa saja yang digali agar karakter Dina bisa meresap ke dalam dirinya.

"Di sini buat Nirina, mendalami karakter seorang Dina, aku cukup perlu menggali rasa. banyak pembicaraan dengan mas Riri juga, ditambah sisi kewanitaan dari mbak Mira. Kan mereka yang menulis ceritanya," ujar wanita kelahiran  Antananarivo, Madagaskar, 39 tahun lalu itu. 

"Aku tanya, Dina karakter seperti ini enggak? Ketakutannya seberapa besar, kenapa? Masa lalunya seperti apa? Kerjanya apa, kenapa seperti itu? Terhadap pekerjaannya seperti apa? Terhadap anaknya bagaimana? Semua dieksplorasi dan dikupas sampai terbentuklah si Dina," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Perbedaan yang Bertolak Belakang

Nirina lantas mengungkapkan perbedaan yang besar antara watak karakter Dina dengan dirinya sehari-hari. Rupanya, perbedaan Dina terbilang sangat jauh bertolak belakang dengan perangai asli sang aktris.

"Di sini bedanya Dina dan Nirina, kalau Nirina orangnya dibilang penakut enggak. Karena Nirina kalau ada masalah di depan mata kayak, 'Ada masalah ya? Ayo kita hadapi deh! Menyelesaikannya bagaimana? Ya kita maju saja biar gimana caranya kita selesaikan ini masalah,'" terang ibu dua anak ini.

"Lain dengan Dina yang ada masalah, dia memilih untuk menjauh, kabur, tidak menyelesaikan. Makanya selalu terjadilah apa yang seperti di gambaran ini. Ada kejadian sedikit yang bikin paranoid, pergi, anaknya dibawa-bawa ke manapun. Yang penting semuanya aman. Tapi apakah menyelesaikan? Itu dia yang jadi pertanyaannya," Nirina melanjutkan.

"Jadi perbedaannya antara Dina dan Nirina lumayan signifikan. Maksudnya setiap orang pasti punya perasaan takut tapi kadarnya berbeda-beda," ia menambahkan.

 

4 dari 5 halaman

Tak Mau Berlebihan

Lebih lanjut, Nirina pun menyampaikan bahwa dirinya harus bisa memerankan porsi Dina dengan sangat pas di sepanjang film Paranoia. Alhasil, ia tak malu untuk terus bertanya kepada Mira Lesmana dan Riri Riza.

"Untuk Nirina memerankan Dina tuh sebesar apa ya ketakutan dia? Nirina kan juga enggak mau terlalu berlebihan apalagi kurang. Karena dia juga punya KDRT, terus punya pengalaman dan masa lalu yang pahit. Jadi harus menggali rasa banget, benar-benar mencari tahu seperti apa harus menjadi dia," ujarnya.

"Kan beda di sini juga bukan Nirina, kalau jadi Dina seperti apa ya. Lumayan membuat terus menggali dan tanya lagi. Akhirnya banyak banget tanya biar enggak sesat di jalan," Nirina menandaskan.

5 dari 5 halaman

Sudah Tayang di Bioskop

Paranoia telah tayang di bioksop mulai hari Kamis (11/11/2021) kemarin. Film karya sineas Riri Riza ini bergenre thriller. Dibintangi oleh Nirina Zubir, Lukman Sardi, Nicholas Saputra, dan Caitlin North Lewis. Di tengah pandemi Covid-19, Paranoia menjalani syuting dengan beragam keterbatasan.

Paranoia berecerita tentang Dina (Nirina Zubir) yang melarikan diri dari suaminya Gion (Lukman Sardi) yang sedang dalam tahanan. Ia melarikan diri bersama anaknya, yaitu Laura (Caitlin North-Lewis). Tak hanya itu, ia juga membawa perhiasan milik Gion.

Dalam film ini, Dina digambarkan sebagai perempuan yang dipenuhi dengan kecemasan. Ia tidak mudah percaya dengan orang lain. Dia bahkan melarang anaknya untuk berteman dengan orang lain.

Persembunyian mereka diketahui oleh temannya Gion. Hal ini tentu membuat Dina semakin cemas jika suatu hari Dion menemukan keberadaannya.

Cerita makin menarik ketika di suatu hari muncul Raka (Nicholas Saputra) yang membuat Laura tertarik dengannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.