Sukses

Memperingati Hari Pahlawan, Berikut Lirik Lagu Gugur Bunga Ciptaan Ismail Marzuki

Dalam upaya memperingati Hari Pahlawan dapat mendengarkan lagu Gugur Bunga ciptaan Ismail Marzuki

Liputan6.com, Jakarta - Hari Pahlawan merupakan hari nasional yang diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari Pahlawan juga sebagai hari untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945.

Hari pahlawan ini juga didedikasikan untuk mengenang jasa para Pahlawan Nasional yang mendapat gelar penghargaan tingkat tertinggi di Indonesia. Untuk memperingati Hari Pahlawan dapat dilakukan dengan berbagai cara-cara nasionalis, salah satunya seperti mendengarkan lagu Gugur Bunga ciptaan Ismail Marzuki untuk menghormati perjuangan para Pahlawan.

Ismail Marzuki merupakan komponis legendaris Indonesia yang menghasilkan banyak karya musik. Karyanya seperti tembang Rayuan Pulau Kelapa, Gugur Bunga, Sepasang Mata Bola, Halo-Halo Bandung, dan masih banyak lagi, yang hingga kini masih dikenang oleh masyarakat Indonesia.

Dihimpun dari berbagai sumber di Liputan6.com, Rabu (10/11/2021), Lagu Gugur Bunga di Taman Bakti ini ditulis pada tahun 1945, tidak lama setelah kemerdekaan Indonesia. Lirik lagunya menceritakan tentang kematian seorang prajurit dan perasaan orang yang menyanyikannya sehingga terbawa suasana pilu ketika dinyanyikan atau didengarkan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lirik Lagu Gugur Bunga

Betapa hatiku takkan pilu

Telah gugur pahlawanku

Betapa hatiku takkan sedih

Hamba ditinggal sendiri

 

Siapakah kini plipur lara

Nan setia dan perwira

Siapakah kini pahlawan hati

Pembela bangsa sejati

 

Telah gugur pahlawanku

Tunai sudah janji bakti

Gugur satu tumbuh sribu

Tanah air jaya sakti

 

Gugur bungaku di taman hati

Di hari baan pertiwi

Harum semerbak menambahkan sari

Tanah air jaya sakti

 

Penulis: Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Pahlawan Nasional 2018

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.