Sukses

Animasi Balpil Episode 3 Meluncur di Hari Pahlawan 2021

Momen Hari Pahlawan yang disiarkan oleh Kemensos ini sangatlah sejalan dengan tema animasi Balpil Episode 3.

Liputan6.com, Jakarta Episode ketiga dari seri animasi Balpil siap dirilis di kanal YouTube pada 10 November 2021, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Pengumuman Hari Pahlawan disampaikan melalui situs resmi Kemensos, sebagai departemen yang menaungi peringatan Hari Nasional.

“Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap 10 November, namun lebih dari pada itu, bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan,” tulis pihak Kemensos mengawali pengumuman.

Menurut pimpinan proyek animasi Balpil, tema Hari Pahlawan yang disiarkan oleh Kemensos ini sangatlah sejalan dengan episode ketiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejalan dengan Tema Tahun Ini

"Sejalan dengan tema tahun ini, ‘Pahlawanku Inspirasiku’ dari Kemensos, salah satu nilai yg ingin kami sampaikan melalui episode #3 animasi Balpil; Mari kita kenang dan hargai para pahlawan yang telah berjasa untuk bangsa ini, dengan setiap insan menggali jiwa pahlawan dalam diri masing masing," ujar Holip, Project Director animasi Balpil kepada wartawan, baru-baru ini.

"Hemat kami, cara untuk ‘unlock’ pahlawan dalam diri masing masing, adalah untuk menjadi pribadi yang seimbang dan kokoh secara fisos adalah fisik ditambah intelektual, ditambah sosial, ditambah spiritual," lanjutnya.

"Semoga masyarakat bisa dan mau mendukung karya karya dalam negeri. Dukungan Kemenparekraf dalam menstimulasi industri kreatif Indonesia, salah satunya melalui program seperti AKI 2021, sangat berguna dan perlu dikembangkan lagi," tambah Holip.

 

3 dari 5 halaman

Apresiasi Menparekraf

Baru-baru ini, Animasi Balpil berhasil menjadi salah satu Finalis dalam program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI 2021) di Bogor, Jawa Barat. Program ini diadakan oleh Kemenparekraf.

Saat menghadiri ajang pameran kreasi lokal tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno berkomentar mengenai animasi Balpil.

“Kostum-kostum para karakter di animasi ini keren. Proyek IP ini perlu dikembangkan lebih jauh lagi,” ujar Sandiaga Uno kepada wartawan.

Ia turut mengatakan bahwa merchandise dari karakter Arwana layak dikirim ke Walikota Singkawang, sebagai kota yang identik dengan budidaya ikan hias arwana super.

 

4 dari 5 halaman

Sepuluh Episode

Animasi Balpil akhirnya berhasil menayangkan episode pertama di YouTube pada 17 Agustus 2021 setelah melalui proses jatuh bangun dari tahun 2011. Rencananya, mereka akan mengeluarkan 10 episode pada tahun 2022. Setiap episodenya akan berdurasi minimal 10 menit.

Animasi Balpil menceritakan tentang lima anak SMA, yaitu Agus (fisik), Binsar (intelektual), Edo, Ling-Ling (sosial), dan Made (spiritual). 

Mereka mendapat kiriman sebuah robot A.I. Balpil dari masa depan. Robot Balpil mendampingi para anak tersebut dalam menghadapi tantangan keseharian mereka sebagai anak remaja di Generation Z.

Selain itu, Balpil dan kawan-kawan memiliki tugas mencari dan mencegah sumber ketidakseimbangan yang akan menyulut terjadinya Perang Dunia ke-3.

5 dari 5 halaman

Pesan Edukasi

Pesan edukasi serial ini adalah tentang pentingnya hidup seimbang #fisos yang akan disampaikan dengan ringan dan menghibur, melalui keberagaman dan kekayaan fauna Indonesia.

"Balpil adalah singkatan dari balanced pillar, yaitu pilar keseimbangan. Animasi ini ingin menyampaikan pentingnya setiap insan untuk menjadi sebuah pilar yang kuat dan seimbang. Bagaimana menjadi pilar yang kokoh? Dengan menjaga dan membangun keseimbangan di empat sisi #fisos," kata Holip.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini