Sukses

Ustaz Abdul Somad Beri Penjelasan Tentang Fenomena Memanggil Arwah

Fenomena memanggil arwah muncul sejak kematian Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena memanggil arwah mendadak muncul setelah kabar Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah meninggal dunia karena kecelakaan mengemuka. Usai insiden tersebut, banyak pihak yang menggunakan medium pemanggilan arwah sebagai konten video.

Bukannya disimak masyarakat, konten pemanggilan arwah justru dibanjiri kritik serta kecaman. Banyak orang meminta konten tersebut tak lagi ditampilkan karena sarat kebohongan. Dari perspektif agama Islam, roh orang yang sudah meninggal tak bisa lagi kembali ke alam dunia melalui cara apapun.

Hal ini kemudian ditegaskan Ustaz Abdul Somad atau karib disapa UAS melalui akun Instagram terverifikasinya, Senin (8/11/2021). Apa kata penceramah kondang ini menyoal pemanggilan roh orang yang sudah meninggal?

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penjelasan UAS

"Roh Bisa Dipanggil, masak sih!? Manusia terdiri dari fisik dan metafisik, atau selalu disebut zhohir dan batin. Orang Indonesia mengakui itu dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya: bangunlah jiwanya, bangunlah badannya. Orang bule yang katanya tidak percaya alam ghaib pun ketika saat terdesak mereka teriak, "SOS" (safe our soul).Yang fisik disebut badan atau jasad," tulis Ustaz Abdul Somad.

"Yang non fisik disebut ruh. Ruh ditiupkan ke dalam badan ketika usia badan 120 hari dalam kandungan. Detailnya: 40 hari dalam bentuk nuthfah (sperma), 40 hari dalam bentuk 'alaqah (darah), 40 hari dalam bentuk mudhghah (segumpal daging). Lalu Allah mengirim malaikat meniupkan ruh ke dalam badan di dalam rahim. Demikian dalam hadits shohih dalam kitab Shahih Imam al-Bukhari dan Muslim.Masa ruh di dalam badan disebut ajal (limit waktu). Kalau ajalnya tiba, tidak bisa dipercepat atau ditunda. (Surat al-A'raf 34).Malaikat maut mencabut ruh dari badan untuk kembali menghadap Allah. (Surat as-sajdah 11)," dia menyampaikan.

 

3 dari 5 halaman

Ruh Dalam Kuasa Allah SWT

"Ruh itu dalam kuasa Allah, saat mati maupun tidur. Ada ruh yang ditahan Allah, lalu orang itu mati. Ada ruh yang dikembalikan Allah ke jasad, lalu org itu hidup. (Surat Az-zumar 42).Ketika orang mati, ruhnya dibawa malaikat ke sama' (alam yang tinggi dan mulia). Ada masanya ruh itu dikirim ke jasad sesaat untuk merasakan azab atau nikmat kubur. (Hadits diriwayatkan Imam Ahmad dalam kitab al-Musnad)," tulis Ustaz Abdul Somad

"Ruh orang-orang baik di 'Illiyyin, ruh orang-orang tidak baik di Sijjin. (Kitab ar-Ruh, karya Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah)," dia menambahkan.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Ruh Tidak Bisa Dipanggil

"Tidak ada ruh gentayangan, ruh tidak bisa dipanggil untuk datang lalu masuk ke tubuh manusia lain atau ke masuk tubuh hewan.Kalau abdul somad mati, lalu ada tetangganya yang kerasukan, lalu ngomong: "Aku adalah abdul somad. Ceramah di Makasar tanggal 8 november 2021. Naik pesawat dari Jakarta jam 11, kursi 1F", dengan suara persis seperti suara UAS," Ustaz Abdul Somad memaparkan.

"Maka itu bukan ruh Uas. Itu adalah jin qarin, satu jin yang ikut mendampingi setiap manusia. Jin itu menggoda manusia. Jin yang jahat disebut syaithan atau setan. Suatu ketika Aisyah cemburu. Rasulullah Saw bersabda, "Setan menggodamu"," tulisnya lagi.

 

5 dari 5 halaman

Kiat Menghindari Setan

"Aisyah bertanya: "Apakah bersamaku ada setan?"Rasulullah SAW menjawab: "Ya."Aisyah bertanya lagi: "Apakah setiap manusia ada setannya?"Rasulullah SAW menjawab: "Ya."Aisyah berkata: "Kalau begitu, bersamamu juga ada setan yang menggoda?"Rasulullah SAW menjawab: "Allah menolong aku." (Hadis riwayat Imam Muslim). Oleh sebab itu setiap muslim dianjurkan shalat, zikir pagi petang, baca doa-doa, supaya tidak ditempel setan," tulis Ustaz Abdul Somad.

"Orang yang membaca ayat kursi, Allah kirim malaikat penjaga. Setan lari menjauh. (Hadis shahih Al-Bukhari)," dia menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.